Prospek Lulusan

Insinyur Teknik Sipil itu bisa kerja dimana saja ya?

Hal tersebut biasanya menjadi pertanyaan sebelum anda meluruskan niat untuk masuk di Jurusan Teknik Sipil.

Jangan khawatir, disini kami akan memberikan penjelasan rinci tentang peluang kerja insinyur bidang Teknik Sipil.

Prospek masa depan dari lulusan teknik sipil, khususnya di Indonesia sangat cerah. Sebab Indonesia adalah negara berkembang yang sangat membutuhkan para sarjana teknik sipil untuk pembangunan dan pengembangan infrastruktur di wilayahnya. Pembangunan dan pengembangan infrastruktur di berbagai wilayah di Indonesia sangat membutuhkan kemampuan alumni teknik sipil ini sebagai tenaga ahli.

Jurusan Teknik Sipil UNSOED akan mewujudkan mimpi Anda untuk menjadi Insinyur Teknik Sipil yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Hal ini sesuai dengan target kompetensi lulusan teknik sipil yaitu “mampu merencanakan, merancang, melaksanakan, mengoperasikan, memelihara dan membongkar bangunan teknik sipil dengan mempertimbangkan aspek keselamatan, kesehatan kerja dan berwawasan lingkungan.”

Secara umum, peluang kerja seorang insinyur teknik sipil sangatlah luas, diantaranya:

Kontraktor Bangunan

instapax.com

Dengan kompetensi yang akan Anda dimiliki setelah lulus teknik sipil, Anda bisa bekerja di bidang kontraktor baik untuk struktur bangunan gedung, bangunan air ataupun bangunan jalan. Anda bisa menjadi bekerja di BUMN ataupun Perusahaan Swasta yang bergerak di bidang konstruksi.

Konsultan Bangunan

Konsultan proyek bertugas pada proses perencanaan, sampai dengan pengawasan pelaksanaan bangunan. Disamping itu, konsultan juga bisa memberikan pertimbangan kepada klien terkait proyek yang sedang dikerjakan tentang banyak hal. Misalnya, pemilihan bahan kontruksi yang kuat dan efisien, pertimbangan dampak lingkungan dari bahan bangunan yang dipilih dan bentuk bangunannya atau terkait aspek keselamatan kerjanya.

Akademisi dan Peneliti

Apabila Anda lebih tertarik menjadi seorang akademisi atau peneliti, Anda bisa memilih opsi menjadi seorang dosen. Pekerjaan menjadi akademisi akan menantang Anda untuk melakukan inovasi keilmuan bidang teknik sipil. Untuk dapat menjadi dosen, paling tidak Anda harus melanjutkan studi ke level Strata 2.

Wirausaha Teknik Sipil

Apabila Anda lebih tertarik menjadi seorang enterpreunership bidang teknik sipil, kurikulum kami sangat cukup untuk membekali Anda untuk bekerja di bidang tersebut. Kami membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang ilmu manajemen proyek dan kewirausahaan bidang teknik sipil sehingga akan menjadi seorang wirausaha teknik sipil yang handal.

Demikianlah penjelasan tentang beberapa peluang kerja bidang teknik sipil, so tunggu apalagi…

Segera mantabkan diri Anda untuk mendaftar di Jurusan Teknik Sipil UNSOED. Lihat infonya di SINI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *