HMTS

Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) UNSOED merupakan satu-satunya organisasi kemahasiswaan di tingkat jurusan. Seluruh kegiatan kemahasiswaan yang ada di Jurusan Teknik Sipil di bawah koordinasi HMTS. Dalam hal ini HMTS memiliki peran utama dalam merumuskan, melaksanakan, dan mengkoordinasikan seluruh kegiatan kemahasiswaan. Agar kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan sesuai dengan mandat himpunan dan tidak bertentangan dengan program Jurusan, pembinaan HMTS dilakukan secara langsung oleh Ketua Jurusan Teknik Sipil. Pembina memiliki peran dalam mengarahkan dan melakukan monitoring serta evaluasi terhadap seluruh kegiatan himpunan.

Dalam merencanakan dan melaksanakan tugas-tugasnya, HMTS terbagi menjadi beberapa divisi. Pembagian divisi dilakukan sesuai dengan struktur organasasi himpunan untuk mewujudkan visi misi himpunan. Secara lebih detail, divisi yang ada di HMTS adalah sebagai berikut ini.

Divisi Pengembangan Potensi Akademik (PPA)

Divisi PPA memiliki visi menambah wawasan mahasiswa teknik sipil di bidang akademik. Hal tersebut dilakukan dengan beberapa kegiatan diantaranya pelatihan software ketekniksipilan, seminar nasional dan kunjungan lapangan. Di samping itu, divisi PPA juga memiliki misi untuk meningkatkan semangat kompetisi mahasiswa. Kegiatan yang terkait dengan pengembangan semangat kompetisi diantaranya adalah lomba ketekniksipilan. Lomba yang diselenggarakan dibagi menjadi beberapa jenis dengan target peserta lomba mahasiswa teknik sipil dan murid-murid SLTA.

 Divisi Minat dan Bakat (MB)

Divisi MB memiliki visi meningkatkan kualitas mahasiswa di bidang non Akademik.  Kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh divisi ini diantaranya adalah Civil Games (lomba olahraga teknik sipil), pembentukan Komunitas Enterpreneur Teknik Sipil, dan Dies Natalis HMTS.  Bidang non akademik ini dibutuhkan untuk membentuk karakter mahasiswa dalam menghadapi dunia kerja.

 Divisi Informasi dan Komunikasi (INFOKOM)

Divisi ini bertujuan untuk memberikan informasi bidang akademik ataupun non akademik kepada mahasiswa. INFOKOM memiliki visi menjadi yang terdepan dalam penyampaian informasi di Jurusan Teknik Sipil. Untuk mewujudkan misinya, divisi ini menyelenggarakan beberapa kegiatan seperti pengelolaan website himpunan dan media sosial lainnya (fb, twitter, instagram). Divisi INFOKOM juga memiliki kegiatan rutin pembuatan majalah ketekniksipilan dan majalah dinding yang dipasang di papan pengumuman kemahasiswaan.

Divisi Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi (KPO)

Kaderisasi merupakan hal yang sangat penting demi keberlanjutan sebuah organisasi. Untuk menghasilkan generasi penerus yang baik demi memegang amanat organisasi, HMTS membentuk divisi khusus yaitu Kaderisasi dan Pengembangan Organisasi (KPO).  Divisi ini memiliki visi membentuk, membina, dan mengevaluasi kader penerus sesuai dengan pola kaderisasi dan mengembangkan keorganisasian HMTS secara internal menjadi lebih baik dan terarah sesuai AD/ART HMTS demi terwujudnya kaderisasi yang kontinu dan berkembangnya pengorganisasian HMTS.

Divisi Kreasi dan Usaha (KU)

Sesuai dengan profil lulusannya, alumni teknik sipil diproyeksikan dapat berwirausaha sendiri sesuai dengan bidang yang dipelajarinya. Untuk mendukung tercapainya tujuan tersebut, HMTS memiliki visi kreasi dan usaha yang bertujuan meningkatkan kreatifitas serta jiwa kewirausahaan mahasiswa. Kegiatan yang diselenggarakan oleh divisi KU diantaranya adalah penjualan kebutuhan perkuliahan (kertas gambar, buku ajar dll) dan pengadaan jaket angkatan. Kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan dapat melatih semangat wirausaha mahasiswa.