Kurikulum

Kurikulum Teknik Sipil dirancang untuk menghasilkan lulusan yang mampu menjadi pemimpin yang kreatif dalam menerapkan dan mengembangkan ilmu ketekniksipilan. Di semester awal, mahasiswa diberikan materi pendalaman ilmu-ilmu dasar seperti matematika, fisika dan kimia. Setelah itu mahasiswa akan diperkenalkan dengan dasar-dasar ketekniksipilan. Pada tahap ini beberapa mata kuliah dilengkapi dengan tugas besar yang akan membekali mahasiswa dengan keterampilan teknis analisis ketekniksipilan. Tahap selanjutnya adalah pembekalan keterampilan teknis untuk perancangan bangunan sipil. Untuk mempersiapkan mahasiswa memasuki dunia kerja, dalam kurikulum mahasiswa diwajibkan melakukan kerja praktik pada proyek-proyek konstruksi. Tugas akhir dalam bentuk penulisan skripsi wajib dikerjakan oleh mahasiswa untuk mempersiapkan lulusan memiliki daya inovasi yang tinggi.

Untuk menjadi seorang sarjana, seorang mahasiswa harus menyelesaikan 146 Satuan Kredit Semest (SKS) yang terdiri dari 136 SKS mata kuliah wajib dan 10 SKS mata kuliah pilihan. Seluruh mata kuliah pada semester 1 – 5 merupakan mata kuliah wajib. Mata kuliah semester 6 dan 7 terdiri dari mata kuliah wajib dan mata kuliah pilihan. Namun demikian, mahasiswa dapat mengambil mata kuliah pilihan sebelum semester 6 jika jumlah SKS yang dapat diambil untuk semester yang bersangkutan lebih besar dari jumlah SKS mata kuliah wajib dan mata kuliah prasyaratnya (jika ada) sudah diambil. Jumlah SKS yang dapat diambil oleh seorang mahasiswa pada setiap semester didasarkan pada Indeks Prestasi Semester (IPS) sebelumnya untuk semester 3 dan selanjutnya. Untuk semester 1 dan 2, mahasiswa hanya diperbolehkan mengambil mata kuliah yang sudah dipaketkan di kedua semester tersebut. Informasi detil mengenai aturan akademik dapat dilihat di Panduan Akademik.

TKS151101 Kalkulus (4 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menyelesaikan soal-soal matrik dan aljabar linear.

Materi

Kaitan antara Sistem persamaan linear dan matriks. Operasi matriks, Invers matriks, matriks elementer, matrik simetris, matriks diagonal, matriks triangular. Evaluasi Determinan dan Fungsi Determinan. Review vektor dan geometri ruang. Dot dan Cross Product. Ruang vektor euclidien dan Transformasi linear. Eigenvalues, Eigenvektors. Bilangan kompleks, ruang vektor kompleks. Aplikasi aljabar linear (penggambaran kurva dan permukaan).
TKS151102 Fisika Teknik (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menyelesaikan persoalan fisika terkait bidang teknik sipil.

Materi

Sistem Satuan Internasional (S.I), Analisis vektor, Kinematika benda satu dan dua dimensi dan gerak melingkar, Dinamika benda dalam Hukum-hukum Newton I, II dan III beserta penerapannya, keseimbangan benda, elastisitas dan patahan, Teorema usaha-energi dan penerapannya (gaya konservatif, energi potensial, energi kinetik, hukum kekekalan massa dan energi), hukum kesetaraan massa dan energi, Mekanika Fluida (rapat massa fluida, tekanan fluida hidrostatis, gaya apung, aliran fluida, persamaan Bernoulli).
TKS151103 Bahasa Inggris (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat berkomunikasi dalam Bahasa Inggris secara lisan dan tertulis.

Materi

Pengembangan kosakata bahasa inggris melalui pengetahuan ejaan kata orthographical), aspek zemantic dan phonatic dari kata, gabungan kata, penggabungan kalimat. Tatabahasa (tenses kalimat, urutan sintaks tenses). Penggunaan preposisi. Question-tag. Pidato bahasa inggris pada topik yang sudah ditentukan, membaca tulisan bahasa inggris secara komprehensif, menulis surat resmi dalam bahasa inggris, menulis laporan dalam bahasa inggris.
TKS151104 Sistem Transportasi (3 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan sistem transportasi, jaringan transportasi, pengendalian, dan evaluasi sistem transportasi.

Materi

Pengertian sistem transportasi, Faktor-faktor yang berpengaruh pada perkembangan transportasi, Sistem moda, Jaringan transportasi, Tenaga gerak dan kendaraan, Jalur pergerakan, Arus lalu lintas, Terminal, Sistem operasi dan pengendalian transportasi, Perencanaan wilayah dan tata guna lahan, Manajemen sistem transportasi, Penilaian dan evaluasi sistem transportasi, Pengantar perencanaan dan pemodelan transportasi, dan Software pemodelan transportasi.
TKS151105 Gambar Struktur Bangunan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan dasar-dasar gambar teknik untuk konstruksi bangunan sipil.

Materi

Dasar-dasar gambar teknik (Alat gambar, gambar standart, proyeksi, gambar tampak dan potongan), Dasar perencanaan elemen-elemen struktur bangunan gedung (struktur pondasi, lantai, kolom, balok dan plat, dinding, pintu dan jendela, struktur tangga dan atap), bangunan non gedung (jalan dan jembatan, gorong-gorong) dan utilitas (instalasi air bersih, Pembuangan air kotor, Instalasi listrik).
TKS151106 Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan dasar-dasar pemetaan dan SIG.

Materi

Pengertian Peta, Skala, Koordinat, Pembuatan Garis Lurus dan Sudut Siku di Lapangan dengan Alat Sederhana, Pengertian Sudut Jurusan/Azimut, Perhitungan Koordinat dengan Mengikat ke Muka & ke Belakang, Alat Ukur Waterpass, Pengukuran Beda Tinggi dengan menyipat datar, Pengukuran Memanjang dan Melintang, Alat Ukur Theodolit, Pengukuran Detail Lapangan dan Jarak Optis, Hitungan Kerangka Peta Poligon, Pemetaan Situasi, Garis Kontur dan Sifat-Sifatnya, Perhitungan Volume Galian dan Timbunan, Geografi dan Sistem Informasi, Komponen SIG, Unsur-Unsur Esensial SIG, Model data spasial dalam SIG, Penginderaan Jauh dan SIG, Tahapan kerja dalam SIG dan Pengantar Software SIG, Contoh Penerapan SIG dalam Teknik Sipil.
TKS151107 Olahraga (1 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu meningkatkan kebugaran jasmani.

Materi

Kebugaran jasmani yang berkaitan dengan kesehatan (Kekuatan, Kelentukan, Komposisi Tubuh, Daya Tahan), Kebugaran Jasmani yang berkaitan dengan keterampilan (kecepatan, power, kelincahan, keseimbangan, koordinasi), Tes berhubungan dengan kesehatan, tes berhubungan dengan keterampilan), Kekuatan otot lengan, otot perut, otot punggung, dan otot tungkai, Peregangan Statis, Peregangan dinamis, Peregangan pasif dan PNF, Latihan Sprint akselerasi dan deselerasi, Shuttle run, zig-zag, Slalom run, Fartlek, Latihan Inteval , Latihan Sirkuit, Olahraga bola kecil, bola besar, olahraga rekreasi/aktivitas luar ruangan.
UNO151001 Pancasila (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan dan menguraikan nilai-nilai dasar Pancasila.

Materi

Sejarah, rumusan, susunan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945, Pengertian Pancasila: sebagai dasar filsafat negara Republik Indonesia, pandangan hidup, kepribadian, dan pemersatu bangsa Indonesia, Pembahasan sila demi sila, Penghayatan dan pengalamannya.
UNO151002 Pendidikan Agama Islam (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting kehidupan beragama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Materi

Pengetahuan pemahayatan tentang aspek yang berhubungan dengan keadaan makhluk, Pelaksanaan ajaran Islam, Peningkatan keimanan terhadap khaliq, kerasulan dan melaksanakan syariat Islam.
UNO151003 Pendidikan Agama Katholik (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting kehidupan beragama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Materi

Pengetahuan tentang manusia yang beriman kepada Allah melalui Kristus di dalam Gereja, hidup menggereja dan memasyarakat dalam rangka pengembangan sikap dan mentalitas hidup pribadi seseorang.
UNO151004 Pendidikan Agama Kristen Protestan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting kehidupan beragama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Materi

Pemahaman dan penghayatan keberadaan diri umat beriman sebagai orang yang percaya kepada Allah, menyatakan iman dalam kehidupan sehari-hari dalam hubungan dengan Allah, sesama manusia alam semesta dan bangsa dan negara.
UNO151005 Pendidikan Agama Budha (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting kehidupan beragama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Materi

Pemahaman tentang agama Budha dan pengalamannnya dalam masyarakat beragama, Dharma dan kebaktian untuk iman, Sadha dalam menjaga kelangsungan hidup beragama, bangsa dan bernegara berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
UNO151006 Pendidikan Agama Hindu (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan arti penting kehidupan beragama dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Materi

Mata kuliah ini membahas internalisasi nilai-nilai ketuhanan dan penerapannya sesuai dengan ajaran agama Kong Hu Chu dalam level pribadi mahasiswa, kelompok agama Kong Hu Chu, masyarakat/sosial multicultural hingga level pergaulan antarbangsa sesuai dengan aturan hukum agama Kong Hu Cu.

TKS151201 Praktikum Pemetaan dan SIG (1 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu membuat peta topografi berdasarkan pengukuran lapangan dan menganalisis data digital menggunakan software SIG.

Materi

Pengukuran kerangka peta poligon, Pengukukuran beda tinggi dengan menyipat datar, Pengukuran profil memanjang dan Melintang, Pengukuran Situasi (Detail), Pembuatan Peta Situasi, Entry data spasial, Entry properti objek SIG, Membuat peta tematik, Analisis SIG.
TKS151202 Tugas Gambar Struktur Bangunan (1 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menggambar beberapa konstruksi bangunan sipil.

Materi

Gambar denah dan situasi, Gambar Tampak, Gambar Potongan Memanjang, Gambar Potongan Melintang, Atap, Kolom, balok, Plafo, jaringan air bersih dan drainase, jaringan listrik, plafon, Gambar Detail.
TKS151203 Rekayasa Lalu Lintas (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan elemen-elemen lalu lintas, karakteristik arus lalu lintas, survei, analisis simpang bersinyal, APILL, rambu dan marka jalan.

Materi

Ruang lingkup rekayasa lalu lintas, Elemen arus lalu lintas, Karakteristik arus lalu lintas meliputi arus, volume, kecepatan dan kerapatan, Teori arus lalu-lintas, Survei lalu lintas, Kapasitas dan tingkat pelayanan jalan, Prinsip dasar simpang bersinyal, Arus lalu-lintas jenuh, Analisis simpang bersinyal metode Webster, Analisis simpang bersinyal metode MKJI 1997, Efek lalu-lintas terhadap lingkungan, Perencanaan APILL, Rambu lalu lintas dan marka jalan, Pedestrian (Pejalan kaki, penyeberangan) dan Kendaraan tidak bermotor.
TKS151204 Pemrograman Komputer (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menyusun sebuah program menggunakan Bahasa Pemrograman.

Materi

Pengenalan komputer, Pembuatan bagan alir bahasa Fortran dengan subpokok-subpokok bahasan, Aturan-aturan penulisan bahasa fortran 77, Jenis-jenis variabel dalam bahasa Fortran, Variabel array dalam Fortran, Pembacaan dan penulisan data, Penggunaan perintah format, Fungsi-fungsi hakiki dalam Fortran (intrinsic functions), Pernyataan pilihan (if…then…else…endif), Pernyataan Do, Penggunaan sub program (Function dan Subroutine).
TKS151205 Statistika dan Probabilitas (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat mengumpulkan, mengolah, menyajikan dan menginterpretasi data-data statistik.

Materi

Pengertian statistika, pengumpulan dan penyajian data dengan tabel dan grafik. Nilai-nilai tengah (mean, median, modus, kuartil, desil, presentil). Nilai-nilai sebaran (deviasi rata-rata, deviasi standar, varian). Pengantar probabilitas, permutasi, kombinasi. Variabel random, distribusi diskrit dan kontinyu. Beberapa jenis distribusi: binomial, poisson, gamma, dan tingkat kepercayaan. Analisis regresi dan korelasi. Aplikasi SPSS dan MS Excel dalam analisis statistika bidang rekayasa sipil.
TKS151206 Teknologi Bahan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merencanakan adukan beton sesuai dengan kinerja yang diinginkan.

Materi

Beton Sebagai Bahan Konstruksi : sejarah beton, perananbetondalamberbagai konstruksi, sifat-sifat bahan beton, keuntungandankerugianpemakaianbahan beton ; Material Penyusun Beton : semen (portland semen), bahan-bahanuntuk membuat semen, komposisidan struktur utamanya, sifat-sifat semen, proses pembuatan semen, pengujian bahan semen, berbagai tipe dan jenis semen sertapersyaratannya; AgregatHalusdan Kasar : klasifikasi menurut kejadiandan bentuk permukaannya, sifatphisisdanmekanisagregathalusdankasar, pengujian agregat halus dan kasar, agregat gabungan ; Air : persyaratan air yang memenuhiuntukadukanspesi betondanuntukpemeliharaan beton, pengujian bahan air untukmembuat beton ; Bahan Tambahan (Admixture) : berbagaijenisbahan tambahan (Admixture), Air Entraining Agent, Chemical Admixture dan Mineral Admixture, sifat- sifatdaribahanpembantudanbahantambahansertapenggunaannya ; PerancanganAdukan Beton : konsep dasardalamrancanganadukan beton, prosedur rancanganadukan beton ; EvaluasiMutu Beton : kriteria penerimaan mutu beton, evaluasi mutu beton menurut SNI 2002, tindakan yang diambilbilamutubetontidakmemenuhisyarat kekuatan ; Beton Khusus : berbagaimacambeton khusus (beton ringan, beton berat, beton yang dilingkungan agresif, beton polymer), sifat-sifat beton khusus ; Baja sebagai bahan konstruksi : sejarah pemakaian baja, keuntungan dan kerugian pemakaian bahan baja, jenis-jenis baja, sifat fisik dan sifat mekanik baja..
TKS151207 Mekanika Fluida (3 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menerapkan konsep mekanika fluida dalam perhitungan-perhitungan parameter-parameter perhitungan dimensi bangunan air.

Materi

Definisi fluida, perbedaan fluida dan zat padat, dimensi dan satuan, sifat fluida, kekentalan newton, hidrostatika, stabilitas benda terapung, keseimbangan relatif, kinematika fluida, persamaan kontinuitas, persamaan momentum, energi dan persamaan Bernoulli, aliran melalui lubang dan peluap, aliran dalam pipa, jaringan pipa, pengenalan software perhitungan jaringan pipa.
TKS151208 Analisis Struktur 1 (3 sks)

Kompetensi

Mahasiswa memahami dan mengetahui tentang gaya-gaya, menyusun dan menguraikan gaya, gaya-gaya dalam serta perletakan, gaya-gaya dalam dari struktur balok
dengan beban-beban terpusat, beban terbagi rata dan segitiga, dan mampu melakukan
perhitungan gaya-gaya dalam (M,D,N) serta mampu menggambarkannya, garis pengaruh, untuk balok diatas dua perletakan, balok menganjur (overhanging), rangkaian muatan berjalan dan balok
bersendi gerber.

Materi

Pengertian Dasar-dasar Statika : a. Gaya dan Vektor meliputi pengertian gaya dan vektor
serta menyusun dan menguraikan gaya, b. Konsep Beban/Pembebanan meliputi pengertian beban dan klasifikasi beban/gaya, c. Gaya-gaya Dalam meliputi pengertian gaya-gaya dalam dan pengenalan gaya geser, gaya normal, momen dan torsi, d. Perletakan-Tumpuan meliputi pengertian perletakan, aplikasi dan perjanjian tanda, e. Klasifikasi Struktur meliputi pengertian struktur statis tertentu dan tak tentu. Struktur balok statis tertentu meliputi balok sederhana, balok terjepit, balok Overhanging dan balok Gerber. Garis pengaruh balok statis tertentu meliputi balok sederhana, balok terjepit, balok Overhanging, balok Gerber dan rangkaian muatan berjalan (terpusat dan merata).
UNO151008 Jatidiri Unsoed (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan nilai-nilai dasar yang melandasi tujuan yang hendak dicapai oleh Unsoed.

Materi

Hakekat manusia, Kepribadian dan pengendalian diri, Sejarah pengembangan, Visi dan misi Unsoed, Nilai kejuangan Pangsar Soedirman, Pedoman pengelolaan diri, Wawasan kebangsaan, Etika akademik, Kesadaran hukum, Etika profesi.
UNO151010 Bahasa Indonesia (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar penulisan ilmiah.

Materi

Pengantar tentang ejaan Bahasa Indonesia yang disempurnakan (EYD), Tata cara penulisan kata baku, kata serapandan kata asing, Teknik menyusun,kalimat baku dalam Bahasa Indonesia, Teknik menyusun paragraph dalam karya ilmiah, Topik dan kerangka karangan dalam menyusun karangan, Teknik dan tata cara penulisan karya ilmiah dalam Bahasa Indonesia.

TKS152301 Matriks dan Aljabar Linier (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menyelesaikan soal-soal matrik dan aljabar linear.

Materi

Kaitan antara Sistem persamaan linear dan matriks. Operasi matriks, Invers matriks, matriks elementer, matrik simetris, matriks diagonal, matriks triangular. Evaluasi Determinan dan Fungsi Determinan. Review vektor dan geometri ruang. Dot dan Cross Product. Ruang vektor euclidien dan Transformasi linear. Eigenvalues, Eigenvektors. Bilangan kompleks, ruang vektor kompleks. Aplikasi aljabar linear (penggambaran kurva dan permukaan).
TKS152302 Perencanaan Geometri Jalan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan parameter perencanaan jalan dan membuat trace jalan, alinement horizontal, alinement vertikal, stationing, cross section serta galian dan timbunan.

Materi

Sarana dan prasarana lalu lintas, Klasifikasi jalan, Penampang melintang jalan, Parameter perencanaan geometri Jalan, Perencanaan jalan yang efektif dan efisien, Penentuan trace jalan, Alinemen horizontal, Alinemen vertikal, Pelebaran jalur lalu lintas dan lajur pendakian, Koordinasi alinemen horizontal dan alinemen vertikal, Stationing jalan, Cross section, Galian dan timbunan (Cut and Fill).
TKS152303 Mekanika Bahan (3 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis perilaku elemen yang dibebani aksial, lentur, geser, puntir, dan kombinasinya. Mahasiswa mampu menganalisis beban kritis kolom dan bidang desak kolom (KERN).

Materi

Pendahuluan: tarik, tekan, geser, tegangan dan regangan normal, diagram tegangan dan regangan, modulus elastisitas, yield point, yield stress. Elastisitas linier, Hukum Hooke dan Ratio Poisson, tegangan geser(shear stress) dan regangan geser(shear strain), tegangan ijin (allowable stress) dan beban ijin (allowable load). Elemen yang dibebani aksial: perubahan panjang elemen yang dibebani aksial, perubahan panjang pada batang tak seragam, tegangan pada bidang miring, energi regangan. Tegangan pada balok: analisis tegangan dan regangan normal pada balok, berbagai bentuk penampang balok, tegangan geser, balok-balok tersusun, tegangan-tegangan balok tak prismatis, balok-balok komposit, balok-balok dengan beban aksial. Analisis tegangan dan regangan: tegangan bidang, tegangan utama dan tegangan geser maksimum, lingkaran mohr untuk tegangan bidang, hukum hooke untuk tegangan bidang. Elemen yang dibebani torsi: deformasi torsi batang persegi, deformasi batang bulat, torsi tak seragam, energi regangan batang torsi, pipa berdinding tipis. Kolom: tekuk dan stabilitas kolom, analisis kestabilan kolom dengan berbagai kondisi tumpuan, bidang desak kolom (KERN).
TKS152304 Kimia Teknik (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menerangkan dasar reaksi kimia dan penerapannya pada ilmu teknik sipil.

Materi

Pengantar, Materi dan perubahan, Kinematika kimia, Kimia larutan, Kimia polimer, Stokiometri, Kesetimbangan kimia, Asam, Basa, Kimia koloid, Korosi, Kimia lingkungan.
TKS152305 Rekayasa Lingkungan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan parameter kualitas lingkungan.

Materi

Pengantar (pengertian dasar ekologi, ekosistim dan ekologi terapan, hukum thermodinamika I dan II), Prinsip dasar ilmu lingkungan (social system, ecosystem, build environment; konsep niche, daya dukung dan kelentingan), Sistem dan daur kehidupan (daur materi dan energi, daur hidrologi, rantai pangan), Pencemaran lingkungan, Air limbah, Limbah padat, Pemanfaatan air limbah, Pengelolaan lingkungan, parameter pengelolaan lingkungan (AMDAL, UKL/UPL dll), pembangunan ramah lingkungan, AMDAL (pengantar, uraian umum dan penapisan, pelingkupan), dokumen AMDAL (KA-ANDAL, ANDAL, RPL, RKL), prakiraan dampak, analisis resiko dan evaluasi dampak/resiko.
TKS152306 Mekanika Tanah (4 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis mekanika tanah untuk mendukung konstruksi geoteknik.

Materi

Properties Tanah: kadar air, porositas, angkapori, berat volume, berat jenis, derajat kejenuhan dan hubungan-hubungannya, distribusi butiran tanah, batas-batas konsistensi, klasifikasi tanah AASTHO dan Unified; Pemadatan tanah: pengujian pemadatan, pemadatan di lapangan dan kontrol kepadatan di lapangan; Aliran air tanah: air tanah, permeabilitas, cara pengujian permeabilitas di lapangan dan di laboratorium, garis aliran dan jaring aliran; Tegangan efektif, tekanan air pori, tegangan total dan pengaruh rembesan; Rembesan pada bendung, jaring aliran, tekanan rembesan, dan bahaya piping; Kuat geser tanah: keruntuhan Mohr-Coloumb, pengujian laboratorium (geser langsung, tekan bebas, triaksial UU, CU dan CD), pengujian di lapangan, kuat geser tanah lempung dan pasir; Daya dukung fondasi dangkal: Teori Terzaghi, Mayerhof dan Vesic, daya dukung tanah homogen dan tak homogen, pengaruh air tanah terhadap kuat dukung, daya dukung fondasi miring; Tegangan tanah dibawah fondasi dan timbunan dengan cara Boussinesq, Fandum, Newmark, Roshbenberg dan penyebaran 2V:1H, Tegangan akibat beban titik, merata dan segitiga; Penurunan konsolidasi: teori konsolidasi, uji laboratorium dan evaluasi hasil pengujian, parameter-parameter konsolidasi, hitungan penurunan konsolidasi; Stabilitas lereng: angka keamanan, bidang longsor datar dan lengkung; Aplikasi program komputer pada bidang mekanika tanah.
TKS152307 Hidrologi Terapan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menerangkan konsep hidrologi dalam bangunan air.

Materi

Dasar-dasar hidrologi, Siklus hidrologi, Fungsi hidrologi dalam rekayasa, Iklim dan meteorologi, Hujan, Pengukuran hujan dan analisis data, Evaporasi, Infiltrasi, Transpirasi dan evapotranspirasi, Pengukuran debit sungai, Konsep statistik dan probabilitas, Karakteristik hidrograf, Analisis dan sintesis hidrograf, Analisis frekuensi, Nilai ekstrem, Analisis debit banjir, Pengenalan software komputer Hidrologi Terapan.
TKS152308 Praktikum Pemrograman Komputer (1 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu membuat dan menerapkan diagram alur dan kode sumber pada bahasa pemrograman.

Materi

Source code, Statement, Alur pembuatan program, Eksekusi program, Deklarasi variabel, Bagan alir, Notasi algoritmik, Struktur kontrol, Variabel array, Iterasi, Modul-modul subprogram.
TKS152309 Praktikum Teknologi Bahan (1 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu membuat mix design dan menguji sifat-sifat fisik dan mekaniknya.

Materi

Berat jenis semen, Konsistensi normal semen, Uji ikatan awal semen, Berat jenis pasir, Berat volume pasir, Pemeriksaan kandungan lumpur, Gradasi pasir, Berat jenis kerikil, Berat volume kerikil, Gradasi kerikil, Ketahanan aus kecil, Perancangan adukan beton, Pengecoran, Uji slump, Pengujian kuat tekan beton, Pengujian kuat tarik belah, pengujian kuat tarik baja, Pengujian kuat lentur kayu.
UNO151007 Kewarganegaraan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan peranan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi pertahanan negara.

Materi

Pengantar pendidikan kewiraan, Wawasan nusantara, Ketahanan sistem, Politik & strategi pertahanan keamanan nasional sistem HANKAMRATA.

TKS152401 Persamaan Differensial (3 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menyelesaikan persamaan diferensial biasa dan parsial.

Materi

Pengelompokan persamaan differensial. Persamaan differensial orde satu (persamaan linear, persamaan separable, persamaan exact, aplikasi dalam mekanika). Masalah harga awal. Persamaan differensial linear orde dua (persamaan homogen dengan koef. Konstan, persamaan karakteristik, persamaan non-homogen, aplikasi dalam masalah vibrasi). Masalah harga batas. Persamaan differensial Parsial.
TKS152402 Perencanaan Perkerasan Jalan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan material konstruksi perkerasan, jenis dan fungsi lapis perkerasan, merencanakan tebal perkerasan lentur dan kaku, merencanakan overlay, metode pelaksanaan perkerasan jalan, merencanakan aspal beton campuran panas dan mengidentifikasi kerusakan jalan.

Materi

Sejarah, konsep dan teori perencanaan perkerasan jalan, Agregat, Aspal dan uji pemeriksaan aspal, Campuran aspal dan agregat, Parameter perencanaan tebal lapisan konstruksi perkerasan jalan, Perencanaan perkerasan lentur jalan baru dengan Metode Analisa Komponen 1987 dan Metode Nottingham, Perencanaan perkerasan kaku Metode Bina Marga, Konsep dan teori perencanaan tebal lapisan tambahan, Metode perencanaan tebal lapisan tambahan (Overlay) cara SNI dengan Metode Lendutan, Pendekatan Metode Desain: Desain Konvensional dan Desain Empiris, Perencanaan lapis perkerasan Metode AASTHO, Perencanaan perkerasan Metode Asphalt Institute ,Aspal beton campuran panas, Perencanaan Metode MDP 2013, Metode Pelaksanaan Pembangunan Jalan, Pemeriksaan perkerasan jalan dengan alat Benkelman Beam, Identifikasi kerusakan jalan dan pemeliharaan permukaan jalan.
TKS152403 Hidraulika (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menerangkan konsep hidraulika dalam bangunan air.

Materi

Jenis-jenis aliran, saluran terbuka, penampang saluran terbuka, aliran seragam, pengukuran kecepatan dan debit, persamaan Chesy, Manning, Kutter, Bazin, penampang kedalaman normal, tegangan geser kritis penampang, penampang hidraulik effesien, saluran penampang tersusun, energi spesifik, aliran berubah lambat laun, aliran berubah cepat, peredam energi, hydraulics jump, aliran pipa bertekanan, rezim pada perencanaan saluran stabil.
TKS152404 Analisis Struktur II (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami, menghitung dan menggambarkan tentang gaya-gaya dalam struktur statis tertentu untuk rangka batang, portal (frame), portal tiga sendi dan pelengkung tiga sendi, garispengaruh untuk struktur rangka batang statis tertentu dan mengaplikasikan pada rangkaian muatan bergerak,deformasi elastis struktur statis tertentu balok.

Materi

Rangkabatang : model danasumsistrukturrangkabatang, model beban-beban, analisisgaya- gaya dalam, metode keseimbangan titik buhul dan metoderitter/potongan. Garispengaruhrangkabatang. Gaya dalam portal sederhana. Gaya dalam portal tigasendi. Gaya dalampelengkungtigasendi. Deformasi elastis : metode integrasi ganda dan balok konjugasi.
TKS152405 Struktur Kayu dan Bambu (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis dan merancang bangunan yang terbuat dari kayu dan bambu.

Materi

Struktur kayu : mengenal dan memahami sifat-sifat fisika (kadar air, berat jenis, kembang susut) dan mekanika kayu (tarik, tekan, lentur, geser, dalam arah longitudinal, radial, dan tangensial). Penggolongan kualitas kayu. Penentuan dimensi batang kayu pada struktur. Menganalisis dan merancang alat sambung kayu (paku, pasak, gigi/takik, perekat, dan alat sambung modern). Struktur bambu : mengetahui bambu dan sifat-sifatnya (fisika dan mekanika). Menganalisis dan merancang bangunan struktur bambu termasuk penentuan jenis/ukuran bambu dan alat sambungnya. Pengenalan teknologi dan analisis kayu laminasi dan bambu laminasi. Pengawetan kayu dan bambu.
TKS152406 Ekonomi Teknik (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan teknik pengambilan keputusan yang tepat menggunakan analisis kelayakan proyek dari perspektif ekonomi.

Materi

Konsep dasar: nilai waktu dari uang; Ekivalensi, konversi nilai yang dipengaruhi oleh faktor bunga; Gradien series; Nilai investasi dengan PWA (Present Worth Analysis); Nilai investasi dengan EAW (Equivalent annual Worth); Nilai investasi dengan EAW (Equivalent annual Worth); Tingkat pengembalian internal (IRR); Analisis manfaat biaya (BCR); Payback periode, Inflasi dan Deflasi, Depresiasi dan Pajak;Analisa Sensitivitas, Analisis penggantian.
TKS152407 Rekayasa Pondasi (4 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merencanakan dan mendesain pondasi bangunan teknik sipil.

Materi

Pengenalan konsep dasar perancangan dalam teknik sipil, Kapasitas dukung tanah, Analisis tegangan pada fondasi telapak simetris dan tidak simetris, Perancangan fondasi telapak, Analisis dan perancangan fondasi telapak gabungan, Analisis kapasitas dukung fondasi tiang dengan data hasil uji laboratorium dan data lapangan, Analisis kapasitas dukung fondasi tiang gabungan, Perancangan fondasi tiang, Analisis kapasitas tiang dalam mendukung beban horizontal, Analisis tegangan dan gaya pada dinding penahan tanah, Analisis stabilitas eksternal dan internal pada dinding penahan tanah, Perancangan dinding penahan tanah, Perkuatan tanah dengan tulangan lajur dan tulangan lembar, Analisis tegangan pada konstruksi turap, Perancangan turap sebagai penahan tanah, Analisis dan perancangan turap berjangkar.
TKS152408 Metode Numerik (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menyelesaikan model persamaan numerik.

Materi

Pendahuluan: kesalahan, kesalahan absolute dan relative, deret Taylor, diferensial numeric k; Akar-akar persamaan: metode setengah interval, metode interpolasi linier, metode Newton-Raphson, Metode Secant, Metode Iterasi; Sistem Persamaan Linier: Notasi matriks, metode eliminasi Gauss, Metode Gauss-Jordan, Matriks tridiagonal, matriks inversi, metode iterasi; Analisis Regresi: Beberapa prinsip statistic, metode kuadrat terkecil, metode kuadrat terkecil untuk kurva linier, linierisasi kurva tidak linier, regresi polinoial, regresi linier dengan banyak variable; Interpolasi: Interpolasi linier, interpolasi kuadrat, bentuk umum interpolasi polynomial, interpolasi polynomial Lagrange; Integrasi Numerik: metode trapezium, metode trapezium dengan banyak pias, metode Simpson, integral dengan panjang pias tidak sama, metode kuadratur; Persamaan Diferensial Biasa: metode satu langkah, metode euler, kesalahan metode Euler, Deret Taylor dengan order lebih tinggi, metode Heun, metode polygon, metode Runge-Kutta; Persamaan Diferensial Parsiil: Bentuk persamaan diferensial parsiil, perkiraan diferensial dengan beda hingga, penyelesaian persamaan parabola, skema implisit, skema explisit, skema Crank Nicholson, penyelesaian persamaan Ellips, metode penyelesaian persamaanEllips, persamaan hiperbola.
TKS152409 Praktikum Mekanika Tanah (1 sks)

Kompetensi

Mampu melakukan pengujian-pengujian tanah di lapangan dan laboratorium.

Materi

Pengujian Indeks Properties tanah (kadar air, berat jenis, berat satuan tanah), Pengujian batas konsistensi tanah (LL, PL), Analisis ukuran butiran tanah (Hidrometer analisis dan Analisis Saringan), Pengujian Kepadatan Tanah (Sand Cone Test, Standar Proctor Test), Pengujian permeabilitas tanah (Constant Head, Falling Head), Pengujian boring dan sampling, Pengujian Sondir, Pengujian parameter kuat geser tanah (Direct shear, Triaxial), Pengujian konsolidasi.

TKS153501 Analisis Struktur III (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami, menghitung dan menggambarkan gaya dalam untuk struktur statis tak tentu.

Materi

Prinsip dasar metode energi: kerja, kerjakomplementer, prinsipperpindahanmaya, kerjamayadankerjakomplementer. Deformasi elastis: prinsipdanpengertian deformasi struktur rangka, deformasiaksial, deformasilenturdanpenerapanmetode energy untukmenghitungdeformasi elastis. Analisisstrukturstatis tak tentu dengan metode deformasi konsisten: pengertiankonsepstatistaktentu, ketidaktentuan statik, ketidaktentuan kinematik, konsepdanmetodeanalisisstruktur balok statis tak tentu dengan metode Consistent Deformation. Analisis struktur balok statis tak tentu dengan metode persamaan tiga momen (Clapeyron). Analisisstruktur balok statis tak tentu denganmetodeSlope Deflection. Analisisstruktur balok dan portal statis tak tentu denganmetode Moment Distribution (Cross).
TKS153502 Drainase (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan draenase jalan, drainase perkotaan dan drainase lahan.

Materi

Jenis-jenis drainase (jalan, urban dan lahan), meliputi definisi drainase, aspek hidrologi, rumus rasional, aspek hidraulika, langkah perencanaan drainase, drainase sumur resapan, drainase jalan raya, drainase lapangan terbang, drainase kolam renang, drainase bawah tanah, drainase sistem polder, dan drainase jalan rel.
TKS153503 Irigasi dan Bangunan Air (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan sistem jaringan dan bangunan irigasi gravitasi.

Materi

Pengertian irigasi, system dan hirarki jaringan irigasi, perencanaan lay out petak dan nomenklatur jaringan irigasi, menghitung kebutuhan air untuk tanaman padi di sawah dan debit saluran pemberi dan pembuang, merancang saluran pemberi dan pembuang, pola tanam, perencanaan petak tersier (sawah), perencanaan jaringan bagi dan sadap, bangunan irigasi, bendung, dan pelimpah.
TKS153504 Struktur Beton (4 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merancang dan menganalisis elemen-elemen struktur beton yang terdiri dari balok, pelat, fondasi dan kolom.

Materi

Pendahuluan; prinsip dasar beton bertulang, konsep dan peraturan perencanaan. Material beton bertulang; sifat mekanis beton, sifat mekanis tulangan baja. Perencanaan dan analisis Balok Tulangan Tunggal, Perencanaan dan analisis Pelat, Perencanaan dan analisis Balok Tulangan Rangkap, Perencanaan dan analisis Balok T/L, Perencanaan dan analisis Tulangan geser pada Balok, Panjang penyaluran, sambungan lewatan, dan pengangkuran tulangan; mekanisme transfer tegangan lekatan, dan pemutusan tulangan lentur, Perencanaan dan analisis Kolom serta Perencanaan dan analisis tulangan pada Fondasi.
TKS153505 Rekayasa Air Tanah (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan eksplorasi dan pengelolaan air tanah.

Materi

Pendahuluan, Persamaan dasar aliran air tanah, permeabilitas, Uncofined aquifer, Semi-confined aquifer, Confined aquifer, hidraulic head, creep, rembesan, Kualitas air tanah, Eksploitasi dan eksplorasi air tanah, Uji pemompaan, Parameter aquifer, Pengaruh iklim, Sumur eskplorasi (jamak dan tunggal), Hidromatika aliran sumur, Intrusi air laut, Penurunan muka air tanah, Sumur resapan, Pengantar pemodelan aliran air tanah, Pengelolaan air tanah.
TKS153506 Bahan Bangunan Lokal (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis sifat fisik dan mekanik jenis-jenis bahan bangunan.

Materi

Baja danbesi tuang: bagan proses baja dan besi tuang, bujih besi, besi kasar dan proses pembuatan besi kasar, proses pembuatan baja, pengerjaan panas pada baja; Pengujian logam: pengujian mekanik secara static, pengujian kekerasan, pengujian mekanik secarad inamik, pengujian rayapan, pengujian teknologi, pengujian struktur logam; Plastik: golongan plastic thermoplastic, golongan plastic therosettinig; Kayu: sifat-sifatkayu, pengawetan kayu, plywood; Cat: zatwarnadasar, bahanpengikat bahanpencairanbahantambahan pengujian pigmen bahan pelindung permukaan jenis lain; Kapur: sifat-sifat kapur, asal-usul batu kapur, proses pembuatan kapur; Tras: sifat-sifat rass, komposisi trass, reaksi tras dan kapur; Genteng:Macam genteng, proses pembuatan genteng, cara pengujian genteng; Bata merah: proses pembuatan bata merah, cara pengujian bata merah.
TKS153507 Perancangan Jalan Raya (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merancang trace jalan, alinement horizontal, alinement vertikal dan tebal perkerasan jalan.

Materi

Perencanaan trace jalan, Desain alinemen horisontal, Gambar alinemen horizontal, Desain alinemen vertikal, Gambar alinemen vertikal, Stationing jalan, Cross section, Gambar cross section, Galian dan timbunan (Cut and Fill), Perancanagan perkerasan lentur jalan baru dengan Metode Analisa Komponen 1987, Desain perencanaan perkerasan kaku Metode Bina Marga, Perencanaan perkerasan kaku Metode Bina Marga, Perencanaan tebal lapisan tambahan (Overlay) cara SNI dengan Metode Lendutan.
TKS153508 Mitigasi Bencana Alam (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merencanakan usaha mitigasi bencana alam.

Materi

Definisi bencana alam, Bentuk-bentuk bencana alam, Konsep mitigasi bencana alam, Usaha-usaha mitigasi bencana alam, Mitigasi bencana longsor (Macam dan penyebab longsor, Investigasi longsor, Monitoring Longsor, Metode penanganan longsor, Metode analisis longsor berbasis komputer, Aplikasi program komputer pada longsor), Mitigasi bencana banjir (Macam dan penyebab banjir, Investigasi banjir, Monitoring banjir, Metode penanganan banjir, Metode analisis banjir berbasis komputer, Aplikasi program komputer pada banjir), Mitigasi bencana tsunami, Mitigasi Kebakaran.
TKS153509 Praktikum Perkerasan Jalan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu melakukan pengujian karakteristik aspal, mix design aspal dan agregat serta melakukan pengujian marshall.

Materi

Pemeriksaan berat jenis bitumen keras dan ter, Pemeriksaan titik lembek aspal dan ter, Pemeriksaan titik nyala dan titik bakar, Pemeriksaan daktilitas bahan-bahan bitumen, Pemeriksaan viskositas bahan-bahan bitumen, Desain campuran aspal dan Agregat, Pengujian Marshall. uji kekerasan agregat (crushing test), keausan agregat (polishing test), kelekatan agregat, pelapukan agregat (absorbsi) dan kontribusi terhadap kekuatan (angularitas dan flaksines dan elongation) dan ini berakibat penambahan waktu praktikum, mungkin bisa dipersiapkan ke depan.Pemeriksaan penetrasi bahan-bahan bitumen.
TKS153510 Praktikum Hidraulika (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat melakukan pengukuran debit pada aliran saluran terbuka dan tertutup. Mahasiswa dapat mengukur dan menghitung kehilangan energi aliran pipa. Mahasiswa dapat menerangkan pengukuran debit menggunakan bangunan ukur debit (ambang lebar, ambang tajam). Mahasiswa dapat menghitung panjang loncatan hidraulik.

Materi

Pengukuran debit menggunakan current meter dan benda terapung pada saluran alam dan saluran buatan. Pengukuran kemiringan energi aliran saluran terbuka. Perhitungan koefisien Manning. Percobaan aliran pada saluran kaca (ambang lebar, ambang tajam, pintu sorong, loncatan hidraulik). Percobaan aliran pipa (pengukuran dan perhitungan kehilangan tinggi tekan akibat gesekan dan tikungan).


Mata kuliah WAJIB :

TKS153601 Analisis Struktur Metode Matriks (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu memahami, menghitung dan menggambarkan gaya dalam struktur statis tertentu dan struktur statis tak tentu dengan metode matriks.

Materi

Aljabar matrik dan sifat-sifatnya, prinsip dan konsep metode matriks. Tipe dan pemodelan struktur. Metode kekakuan langsung: analisis rangka batang 2D (plane truss) dengan metode kekakuan langsung, analisis portal kaku 2D (plane frame) dengan metode kekakuan langsung, analisis balok silang (grid) dengan metode kekakuan langsung. Metode kekakuan tak langsung: analisis rangka batang 2D (plane truss) dengan metode kekakuan tak langsung, analisis portal kaku 2D (plane frame) dengan metode ekakuan tak langsung, analisis balok silang (grid) dengan metode kekakuan tak langsung. Pengantar analisis struktur dengan bantuan komputer.
TKS153602 Struktur Baja (4 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merancang dan menganalisis elemen-elemen dari struktur baja serta sambungannya.

Materi

Material baja: konsep diagram tegangan dan regangan, mutu dan profil baja yang ada dipasaran. Filosofi perencanaan Allowable Stress Design (ASD) dan Load Resistance Factor Design (LRFD), Peraturan perencanaan SNI, AISC. Elemen tarik: filosofi kuat nominal, luas netto, luas efektif, blok geser ujung, perancangan dan pemeriksaan kapasitas tarik. Elemen tekan: angka kelangsingan dan batas-batasnya, fenomena tekuk, profil kompak, tidak kompak dan langsing, tekuk lokal elemen, tekuk komponen struktur, perencangan komponen aksial tekan. Elemen Balok; kondisi batas lentur, momen leleh dan momen plastis, faktor bentuk penampang, tekuk torsi lateral, faktor modifikasi momen, Perancangan elemenbalok : kapasitas lentur, kapasitas geser, Perancangan kombinasi lentur – geser. Elemen Balok Kolom; Persyaratan dominasi gaya aksial atau lentur, Struktur bergoyang atau tidak bergoyang, Amplifikasi momen struktur bergoyang atau tidak bergoyang, Perancangan elemen balok kolom. Sambungan dan Alat Sambung; Sambungan baut: spesifikasi baut, persyaratan lubang baut, diameter, jarak minimum, jarak maksimum, tata letak baut, baut geser dalam dan geser luar, baut pemikul tarik, baut pemikul tumpu, perancangan sambungan baut. Sambungan dan Alat Sambung; Sambungan las: jenis dan spesifikasi las, kuat las tumpul penetrasi penuh, kuat las sudut, kuat las pengisi,, perancangan sambungan las. Sambungan dan Alat Sambung; Tipe-tipe sambungan: sambungan balok rangka, sambungan dengan dudukan tanpa pemikul, sambungan dudukan berpenguat, sambungan kolom ke balok menerus, sambungan siku rangka rigid, pelat dasar kolom. Struktur komposit: latar belakang historis, aksi komposit, lebar efektif, kekuatan momen-momen nominal penampang komposit penuh, konektor geser, defleksi, balok menerus.
TKS153603 Perancangan Bangunan Air (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merancang bangunan bendung dan jaringan irigasi.

Materi

Analisis Hidrologi (Analisis hujan rerata DAS, Analisis hujan rencana, Analisis Hidrograf Satuan, Analisis Hidrograf Banjir Rancangan), Analisis Kebutuhan Air Irigasi, Desain Tubuh Bendung dan Bangunan Pelengkapnya, Analisis Mekanika Tanah dan Stabilitas, Analisis Hidraulika Saluran, Gambar-gambar kerja.
TKS153604 Rekayasa Bangunan Tahan Gempa (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisa beban gempa yang bekerja pada struktur bangunan.

Materi

Jenis-jenis gempa, Teori Lempeng Tektonik, Sejarah Peraturan Gempa, konsep desain bangunan tahan gempa sesuai SNI 2002, analisa beban gempa SNI 2002, konsep desain bangunan tahan gempa sesuai SNI 2012, analisis respon spektrum gempa, analisa beban gempa 2012.
TKS153605 Keselamatan Transportasi dan Lingkungan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis pencemaran udara, kebisingan, biaya kecelakaan dan upaya peningkatan keselamatan lalu lintas.

Materi

Konflik lalu lintas, Kecelakaan lalu lintas, Metode analisis kecelakaan lalu lintas, Biaya kecelakaan lalu lintas, Metode analisis biaya kecelakaan lalu lintas, Before After Study, Upaya peningkatan keselamatan lalu lintas, Eksternalitas transportasi, Kemacetan lalu lintas, Kebisingan lalu lintas, Polutan dan pencemaran udara, Emisi gas buang.
TKS153606 Manajemen Konstruksi (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa memahami berbagai proses yang terdapat dalam suatu siklus proyek konstruksi secara umum tapi menyeluruh, memahami sisi manajerial dari suatu proyek konstruksi.

Materi

Pengertian manajemen, proyek, proyek konstruksi, manajemen konstruksi; Karakteristrik industri konstruksi; Metode-metode dalam pengadaan proyek (Project Delivery System); Perencanaan; estimasi biaya konseptual dan estimasi biaya detail; Perancangan; Proses pemilihan kontraktor; Penjadwalan; Kontrak konstruksi; Analisa arus kas proyek; Pengendalian proyek; Manajemen material; Kesehatan dan keselamatan kerja.
TKS153607 Pengembangan Sumber Daya Air (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan pengelolaan dan pengembangan sumber daya air.

Materi

Kerangka pikir pengelolaan sumber daya air, unsur-unsur pokok PSDA, potensi SDA (sungai dan air tanah), Pemanfaatan SDA, konsep pengendalian banjir, konservasi sumber daya air, penyediaan air baku, sistem waduk, teknik optimasi pengembangan sumber daya air, proses ekonomi teknik dan cash flow, analisis ekonomi dan finansial, analisis sistem dalam perencanaan sumber daya air, pemodelan SDA.

Mata kuliah PILIHAN :

TKS153631 Perkuatan Tanah (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis dan menyelesaikan kegagalan struktur geoteknik.

Materi

Stabilitas lereng dengan cut & fill, Stabilisasi tanah dengan shallow & deep compaction, vertical drain, Perkuatan Tanah dengan Geosyntethic, Stabilisasi Tanah dengan Kolom Kapur, Stabilsasi tanah dengan grouting.
TKS153632 Pemodelan Geoteknik (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu melakukan analisis model fisik dan numeri struktur geoteknik.

Materi

Latar belakang perlunya pemodelan dalam bidang tekni sipil, Teori dan kosep pemodelan dalam geoteknik, Prinsip kesebangunan dan similaritas, Analisis dimensi dan parameter non dimensional dalam pemodelan, Jenis-jenis struktur geoteknik dan pemodelannya, Pemodelan geoteknik di laboratorium, Pengujian beban dalam pemodelan laboratorium, Paremeter material geoteknik dalam pemodelan matematik, Kosep pemodelan matematik, Pemodelan matematik pada galian dan timbunan, lereng, dan terowongan.
TKS153633 Bangunan Tenaga Air (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan bangunan tenaga air.

Materi

Pengertian bangunan pembangkit tenaga listrik memanfaatkan tenaga air, Bagian-bagian pokok perencanaan PLTA; Bendungan; Analisis hidrologi, geologi, tampungan dan operasi waduk untuk PLTA, Sistem beban puncak, beban dasar, debit andalan, Seleksi turbin, Analisis bangunan PLTA, Power house dan analisis kelayakan, Pelaksanaan bangunan, Operasi dan pemeliharaan PLTA; Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro; Pengenalan teknologi pembangkit listrik tenaga gelombang.
TKS153634 Pengendalian Sedimen dan Erosi (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan bangunan pengendali erosi dan sedimentasi lahan.

Materi

Pengertian erosi, Sedimentasi, Jenis erosi, Metode prediksi erosi dan sediment, USLE, MUSLE, SDR, Erosi lahan, Faktor penyebab erosi, Penanganan erosi lahan, Rehabilitasi lahan, Survai analisis data erosi, Bangunan pengendali.
TKS153635 Rekayasa Pantai (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan bangunan pantai dan bangunan pengaman pantai.

Materi

Pasang surut, Pengertian pantai, teori gelombang linier, Gaya gelombang, Energi gelombang, Difraksi, Refraksi, Gelombang pecah, wind rose, peramalan gelombang, Teori angkutan sedimen pantai, Arus litoral, Angkutan sedimen litoral, Proses pembentukan pantai, Bangunan pantai, Bangunan pengaman pantai, Pengerukan, Reklamasi.
TKS153636 Teknik Penyehatan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis teknik pengolahan limbah.

Materi

Penyediaan air bersih, Sistem distribusi air bersih, Teknik pengolahan air, Proses pengolahan air limbah, Pengolahan limbah padat, Pengelolaan sampah, Pengolahan limbah B3.
TKS1536367 Metode Pelaksanaan Konstruksi (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan metode pelaksanaan pekerjaan pondasi dangkal, pondasi dalam, pekerjaan bekisting dan perancah, beton prategang, dan pekerjaan jembatan.

Materi

Pelaksanaan pondasi dangkal (pondasi batu kali, pondasi telapak, pondasi dengan cerucuk); Pelaksanaan pondasi dalam (pondasi tiang pancang, pondasi bor, pondasi franki); Pelaksanaan pondasi sumuran; Perancah dan bekisting; Pelaksanaan pembetonan site mix dan readymix; Perhitungan kebutuhan besi tulangan dan beton; Pelaksanaan beton prategang; Pelaksanaan pembangunan jembatan baja dan beton.
TKS1536368 Struktur Beton Lanjut (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merancang struktur beton untuk bangunan gedung tahan gempa.

Materi

Perencanaan struktur menurut tingkat daktilitas, filosofi disain kapasitas, redistribusi momen, proses disain menurut konsep disain kapasitas, sambungan balok-kolom, dan disain dinding geser.
TKS1536369 Analisis Struktur Jembatan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis bangunan/struktur jembatan.

Materi

Sejarah jembatan: pendahuluan, perkembangantipejembatan, era jembatangantung, era jembatan cable-stayed, era jembatanbeton, bentukdantipe jembatan; Proses perencanaan jembatan: pendahuluan, tahapanperencanaan, pemilihanlokasijembatan, layout jembatan, pertimbangan layout jembatanmelintasisungan, penyelidikanlokasi, preliminary design;
Daftar Pustaka
Kode MK
Nama MK
Bobot SKS
Semester
Prasyarat Kompetensi
Isi
Daftar Pustaka
Peraturan pembebanan jembatan: pendahuluan, persyaratan pelaksanaan,penyebaran gaya (distribusi beban), penggunaan beban hidup tidak penuh; Jembatan sederhana:
sifat jembatan kayu, bagian-bagian jembatan, konstruksi penghubung balok lantai – rasuk, contoh analisis perancangan; Jembatan beton bertulang: jembatan slab beton bertulang, jembatan gelagar kotak, jembatan gelagar dek, aplikasi jembatan blok beton bertulang; Jembatan beton prategang: latar belakang, prinsip dasar prategang, tahap pembebanan, pendekatan perancangan, kehilangan prategangan, contoh aplikasi; Jembatan gantung: pendahuluan system kabel, system lantai, jembatan gantung tanpa pengaku, jembatan gantung dengan pengaku, menara, kompatibilatas lendutan kabel dan truss, contoh analisis; Jembatan cable stayed: pendahuluan, komoponen jembatan cable stayed, efek non- linier pada elemen struktur, idealisasi struktur.


Mata kuliah WAJIB :

TKS153633 Metodologi Penelitian (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan prinsip-prinsip dasar pelaksanaan dan penyusunan laporan penelitian.

Materi

Prinsip penelitian, Urutan logika penelitian, Tahapan penelitian, Pembuatan usul-penelitian, Pelaksanaan penelitian, Cara pembuatan laporan penelitian, Penulisan makalah ilmiah, Penulisan makalah seminar.
TKS154702 Kewirausahaan Teknik Sipil (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa memahami bisnis konstruksi, tahapan yang diperlukan untuk pendirian perusahaan konstruksi dan penyusunan rencana bisnis perusahaan konstruksi.

Materi

Jenis-jenis bisnis konstruksi (bisnis konsultan, konsultan supervisi, kontraktor umum, kontraktor spesialis, industri konstruksi, properti); Profil bisnis konstruksi; Integrasi mata kuliah teknik sipil dengan berbagai konstruksi (mata kuliah desain, mata kuliah pelaksanaan konstruksi, RAB, schedulling, teknologi beton); Tahapan-tahapan yang diperlukan untuk pendirian perusahaan konstruksi (persyaratan, personil, perijinan, tempat, peralatan, modal); Pengertian bisnis plan, pembuatan bisnis plan, marketing, networking, negosiasi, pengantar manajemen strategik, keuntungan, pertumbuhan, pencitraan, pendekatan stakeholder; Risiko bisnis konstruksi.
TKS154703 Perencanaan dan Pengendalian Proyek (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu melakukan perencanaan dan pengendalian proyek: hubungan dan kegunaan dari komponen manajemen proyek; alat bantu yang dapat digunakan untuk perencanaan dan pengendalian proyek.

Materi

Konsep supervisi, manajemen konstruksi dan manajemen proyek; sistem perencanaan; Organisasi Proyek; Metode Lintasan Kritis (CPM); Penerapan durasi ekonomis menggunakan crash program; Barchart dan penjadwalan kegiatan; Precedence Network (PDM); Metode Perencanaan Network (WBS, OBS, Milestone Network; Sub-Network, Interface, Integrasi Network, Skeletonization, Distribusi Informasi); Alokasi sumber daya/Resource Allocation; Program Evaluation Review Technique (PERT); Linear Scheduling; Perencanaan Jadwal dan Biaya Terintegrasi (CSCSC).
TKS154704 Peralatan Konstruksi (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menerapkan pengelolaan (pemilihan, penjadwalan, dan pengendalian) peralatan konstruksi.

Materi

Karakteristik peralatan: Alat gali, angkut, pemadat, perata; kompresor, pemecah batu, kapal keruk, crane pengangkat, pemancang, pencampuran aspal; pencampuran beton; Perhitungan waktu siklus, kapasitas; Biaya operasi peralatan konstruksi; Perencanaan, penjadwalan, dan analisis operasi Peralatan Konstruksi.
TKS154705 Perancangan Bangunan Gedung (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merancang bangunan gedung bertingkat.

Materi

Perencanaan Denah, Pemodelan geometri, Pembebanan, Perancangan kuda-kuda atap, Perancangan plat, Perancangan balok, Perancangan kolom, Perancangan pondasi, Gambar struktur.
TKS154706 Kerja Praktik (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menjelaskan kegiatan-kegiatan pelaksanaan konstruksi berdasarkan pengamatan langsung.

Materi

Kerja praktek dilaksanakan selama 2 bulan dalam suatu proyek sipil, Hasil berupa laporan kerja praktek dan dipresentasikan dalam suatu seminar mahasiswa.

Mata kuliah PILIHAN :

TKS154731 Teknik Batuan dan Terowongan (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merencanakan terowongan pada batuan.

Materi

Klasifikasi massa batuan, Kriteria keruntuhan batuan, Perilaku tegangan-regangan batuan, Stabilitas Lereng Batuan, Stereographic Projection, Kinematic Analysis, Definisi dan macam terowongan, Dasar-dasar perancangan terowongan, Aplikasi program komputer pada teknik batuan dan terowongan.
TKS154732 Irigasi Non Gravitasi (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan sistem jaringan dan bangunan irigasi non gravitasi.

Materi

Perencanaan dan pengelolaan sistem penjatahan air, irigasi non-gravitasi, sistim golongan dalam pemberian air, irigasi air tanah, irigasi pancaran (sprinkler), irigasi tetes (trickler), irigasi pasang surut, irigasi perikanan.
TKS154733 Rekayasa Sungai (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan bangunan sungai dan model pengelolaan sungai.

Materi

Karakteristik daerah aliran sungai, Hidraulika sungai, Persamaan–persamaan teoritik dan semi-teoritik, Morfologi sungai, Angkutan sedimen, Teori angkutan sedimen, Endapan layang, Endapan dasar, Perubahan dasar alur pada saluran alluvial, Longsoran tebing sungai, Penanggulangan dan pengendalian sedimen, Banjir lahar dingin, Pengaturan dasar dan alur sungai, Rezim perencanaan saluran stabil, gerusan di sekitar bangunan sungai, Pengendalian debit sungai, Short cut dan tanggul, Perubahan prilaku banjir, Pemanfaatan sungai.
TKS154734 Pelabuhan Laut (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat merencanakan prasarana pelabuhan laut.

Materi

Pengertian pelabuhan, Jenis pelabuhan dan sistem transportasi, Pengusahaan dan ekonomi pelabuhan, Teori gelombang linier, Pasang surut dan arus, Kapal, Gaya-gaya yang ditimbulkan kapal, Perencanaan alur, mulut, dan kolam pelabuhan, Perencanan dermaga, Perancangan fender, Perencanan breakwater, dan navigasi.
TKS154735 Aspek Hukum Konstruksi (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan aspek legal berbagai komponen yang berkaitan dengan industri konstruksi.

Materi

Industri Jasa Konstruksi; Aspek hukum jasa konstruksi; Sertifikasi tenaga ahli dan badan usaha; Kesehatan dan keselamatan kerja; Hukum tata ruang dan penyediaan tanah; Ijin Mendirikan Bangunan, Ijin Penggunaan, Ijin Pemanfaatan, Sertifikat Laik Fungsi; Aspek legal persyaratan teknis bangunan gedung; Sistem Proteksi Kebakaran pada Bangunan Gedung; Aspek Legal Kontrak Konstruksi; Metode Pengadaan Jasa Konstruksi.
TKS154736 Metode Elemen Hingga (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis struktur 2 dimensimenggunakanmetodeelemenhingga. Mahasiswa mampu menganalisis struktur 3 dimensi menggunakan bantuan program komputer berbasis metode elemen hingga.

Materi

Konsep dasar metode elemen hingga, jenis-jeniselemenhingga. Elemen 1 dimensi pada struktur balok. Plane stress-plane strain. Solusimasalahplane stressdanplane strain. Elemen 2 dimensi pada balok: elemen segitiga, elemen segi empat. Analisis struktur dengan elemen 3 dimensi menggunakan bantuan program komputer berbasis metode elemen hingga.
TKS154737 Struktur Baja Lanjut (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merancang dan menganalisis struktur baja komposit dan struktur baja tahan gempa.

Materi

Struktur Komposit : kolom komposit, deck baja gelombang, Perencanaan profil tersusun, Balok Girder, Perencanaan struktur baja tahan gempa : Model struktur Eccentrically Braced Frame (EBF), Concentrically Braced Frame (CBF), dan Moment Resistance Frame (MRF).
TKS154738 Desain Plastis (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menganalisis dan mendisain struktur dengan metode plastis.

Materi

Pengantar analisis elastis dan analisis plastis pada struktur. Analisis momen plastis penampang baja, faktor bentuk. Keruntuhan rangka sederhana. Teorema analisis plastis. Metode kerja virtual untuk menentukan beban runtuh. Analisis penampang beton bertulang kondisi pre crack, kondisi first yield, dan kondisi ultimate menggunakan metode Whitney, metode layer (discrete element method), dan dengan bantuan program komputer. Aplikasi program komputer untuk desain plastis: aplikasi beban gempa, aplikasi perencanaan bangunan gedung terhadap gempa, analisis beban dorong (pushover), kapasitas spektrum, daktilitas struktur.
TKS154739 Perencanaan Multimoda dan Angkutan Barang (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merencanakan sistem angkutan multimoda dan angkutan barang/logistik.

Materi

Jenis dan karakteristik moda angkutan umum , Jenis dan karakteristik moda angkutan barang, Tujuan dan permasalahan dalam pengembangan angkutan umum, Perencanaan dan evaluasi kelayakan angkutan umum, Perencanaan dan evaluasi kelayakan angkutan barang, Skala ekonomi sistem angkutan umum, Skala ekonomi sistem angkutan barang, Tarif angkutan umum, Tarif dan pengelolaan jasa pelayanan angkutan barang, Pemadu Moda dan Bus Rapid Transit, Manajemen Angkutan Umum, Manajemen Angkutan Barang.
TKS154740 Jalan Rel (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menjelaskan komponen-komponen jalan rel (rel, bantalan, penambat, wesel) dan merencanakan alinemen horizontal dan vertikal jalan rel.

Materi

Ketentuan umum jalan rel, Komponen struktur jalan rel dan pembebanannya, Geometrik jalan rel, Bantalan rel, Penambat rel, Wesel (Switch), Emplasement dan stasiun, Alinemen horizontal jalan rel, Alinement vertikal jalan rel, Perhitungan kapasitas lintas kereta api, Perhitungan kapasitas angkut kereta api, Grafik Perjalanan Kereta Api (GaPeKA), Pengenalan KRD dan KRL, Modern Railway Track, Underground dan pertemuan dengan jalan raya.
TKS154741 Perencanaan dan Pemodelan Transportasi (2 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu merencanakan dan memodelkan empat tahapan model tansportasi (Trip Generation, Trip Distribution, Mode Split/Choice dan Trip Assignment), Antrian dan Parkir.

Materi

Persyaratan matematika dan statistika, Model sederhana interaksi sistem transportasi, Model bangkitan pergerakan (Trip Generation), Model sebaran pergerakan (Trip Distribution) Metode analogi, Model sebaran pergerakan Metode analogi, Model sebaran pergerakan Model gravity, Kalibrasi model gravity, Model sebaran pergerakan Model gravity-oppotunity, Model pemilihan moda (Mode Choice/Mode Split), Model pemilihan rute (Trip Assignment), Analisis antrian, Analisis kebutuhan parkir.

TKS154801 Tugas Akhir (3 sks)

Kompetensi

Mahasiswa dapat menyusun karya ilmiah berdasarkan hasil penelitian yang memenuhi kriteria dan standar penulisan ilmiah.

Materi

Skripsi dapat berupa hasil penelitian literature, hasil penelitian analitis hasil perancangan, atau hasil pengujian di laboratorium. Sekalipun bukan karya yang bersifat original dan kreatif, tetapi dalam karya tulis ini hendaklah tercermin kebulatan pengetahuan dan kemampuan penalaran mahasiswa dalam menghadapi dan mencoba memecahkan persoalan dalam bidang teknik sipil.
TKS154802 Ujian Pendadaran (1 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu menunjukkan penguasaan kompetensi seorang sarjana Teknik Sipil.

Materi

Sidang tertutup di hadapan tim penguji.
UNO154201 Kuliah Kerja Nyata (3 sks)

Kompetensi

Mahasiswa mampu mempraktekkan iptek di kehidupan masyarakat.

Materi

Pelaksanaan KKN diatur oleh lembaga Pengabdian Kepada Masyarakat (LPM) Universitas Jenderal Soedirman.