Worksop Peninjauan dan Revisi Kurikulum Prodi Teknik Sipil

Kualitas lulusan sebuah program studi (prodi) sangat ditentukan dari kurikulum yang dilaksanakan oleh prodi tersebut. Kurikulum menggambarkan target kompetensi yang harus dikuasai oleh lulusan pada sebuah prodi. Oleh karena itu, kurikulum program studi harus ditinjau secara berkala agar tetap relevan dengan kebutuhan stakeholder. Dengan demikian, proses peninjauan kurikulum juga harus melibatkan stakeholder agar lulusannya dapat diterima di lapangan pekerjaan. Peninjauan kurikulum ini biasanya dilakukan setiap lima tahun sekali.

Pada tanggal 20 Mei 2017, Program Studi Teknik Sipil UNSOED melakukan Workshop Peninjauan dan Revisi Kurikulum. Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian proses peninjauan dan revisi kurikulum yang telah dijalankan sejak bulan April 2017. Selama satu hari workshop dilaksanakan di Rumah Makan Joglo Purbalingga.

Peserta Workshop Peninjauan dan Revisi Kurikulum Prodi Teknik Sipil meliputi seluruh dosen dan para Stakeholder diantaranya Kepala Dinas PU Banyumas, Kabid Tata Bangunan Dinas PU Kab Banyumas, Kabid Bina Program Dinas PU-PR Kab Purbalingga, Kabid Bina Marga Dinas PU-PR Kab Purbalingga serta perwakilan Konsultan/Kontraktor dan Alumni. Workshop diselenggarakan untuk mendapatkan masukkan tentang capaian pembelajaran Prodi Teknik Sipil. Diharapkan hasil dari workshop dapat digunakan sebagai salah satu bahan dalam merumuskan Kurikulum Baru Prodi Teknik Sipil UNSOED.

Pelaksanaan diskusi kelompok workshop peninjauan dan revisi kurikulum Prodi Teknik Sipil

Secara umum kegiatan dibagi menjadi beberapa detail acara. Diawali dengan sambutan dan arahan dari Ketua Jurusan Teknik Sipil, kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian mekanisme peninjauan dan revisi secara umum dan teknis pelaksanaan workshop oleh ketua panitia kegiatan, Dr. Eng Purwanto Bekti Santoso. Lebih lanjut, dalam pelaksanaannya para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok diskusi dengan dimoderatori oleh Dr. Eng Agus Maryoto. Dalam sesi diskusi kelompok inilah stakeholder memberikan masukkan tentang kurikulum dengan melihat pola dan hasil kerja alumni Prodi Teknik Sipil Unsoed. Hasil diskusi kemudian disampaikan dalam pleno oleh masing-masing koordinator kelompok. Workshop Peninjauan dan Revisi Kurikulum Prodi Teknik Sipil ini ditutup oleh Dekan Fakultas Teknik. (ed.PH)