Dr. Ing. Suroso, S.T., M.Sc., Doktor Baru di Jurusan Teknik Sipil Unsoed

Semester gasal 2017 yang baru saja dimulai ini jajaran staf pengajar Jurusan Teknik Sipil Unsoed, khususnya dalam kelompok bidang keahlian (KBK) Teknik Keairan dan Lingkungan, diperkuat dengan kehadiran seorang doktor baru. Dialah Dr. Ing. Suroso, S.T., M.Sc.. Lahir di Wonogiri pada tanggal 1 Desember 1979, dosen yang satu ini mulai bergabung di Jurusan Teknik Sipil Unsoed pada tahun 2003.

Menyelesaikan studi doktoralnya di Universität Stuttgart, Jerman dengan riset berjudul Asymmetric Dependence Based Spatial Copula Models: Empirical Investigations and Consequences on Precipitation Fields mengantarkannya menjadi doktor ke-6 di Jurusan Teknik Sipil Unsoed. Riset disertasi tersebut dilakukan untuk menguji secara empiris perilaku dependensi spasial data curah hujan, apakah mengikuti dependensi Gaussian seperti kebanyakan model-model spasial hujan. Kemudian riset juga bertujuan untuk menghitung konsekuensi model hujan berbasis dependensi Gaussian terhadap hujan areal maksimum berbasis grid dan dibandingkan dengan model hujan berbasis dependensi non Gaussian.

Harapan besar terbuka dengan hadirnya Suroso, dengan potensinya yang besar dalam riset dan pengajaran dalam kajian hidrologi di Jurusan Teknik Sipil Unsoed. Selamat datang kembali Pak Suroso. Willkommen zuhause.