Rapat Kerja Tahunan Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman

 

[Rabu, 14/02/2018] Dalam rangka menjamin terlaksananya rencana pengembangan institusi, Program Studi Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, menggelar Rapat Kerja Tahunan, Selasa-Rabu, 13-14 Februari 2018. Selain diikuti oleh seluruh dosen aktif, hadir pula sebagai narasumber pada kesempatan tersebut Nastain, S.T., M.T. (Dekan Fakultas Teknik), Dr. Gito Sugiyanto, S.T., M.T. (Wakil Dekan bidang Akademik), Sumiyanto, S.T., M.T. (Wakil Dekan bidang Umum dan Keuangan), Hari Prasetijo, S.T., M.T. (Wakil Dekan bidang Kemahasiswaan dan Alumni), yang memaparkan strategi pencapaian visi misi Fakultas Teknik, Universitas Jenderal Soedirman, sesuai dengan bidang tanggug jawab masing-masing.

Mengawali pemaparan, Nastain, S.T., M.T. mengemukakan bahwa dalam ragka mencapai visi misi yang telah ditetapkan, Program Studi Teknik Sipil sangat didorong untuk memperoleh status akreditasi unggul (akreditasi A dari BAN PT) untuk kemudian memasang target mendapatkan penilaian akreditasi dari ASEAN University Network on Higher Education for Quality Assurance (AUN-QA). “Kami sangat mendukung Program Studi Teknik Sipil ini tidak hanya diakui secara nasional namun juga diakui ditingkat regional bahkan internasional” ungkapnya. Menyambung hal tersebut, narasumber lainnya melanjutkan pemaparan strategi pelaksanaan rencana pengembangan institusi dari bidang akademik dan perenanaan, bidang umum dan keuangan, serta bidang kerjasama dan alumi. Mengemuka pada sesi diskusi antara lain himbauan ketaatan perencanaan kegiatan dengan pelaksanaan, pelaporan keuangan yang transparan dan akuntabel, serta pembentukan komunitas mahasiswa dengan melibatkan peran alumni untuk mendorong kiprah mahasiswa di tingkat nasional, regional, maupun internasional. Hal yang tak kalah penting adalah perlu lebih banyak pelaksanaan kerja sama internasional.

Pada kesempatan yang sama, Arwan Apriyono, S.T., M.Eng selaku Ketua Jurusan/Program Studi Teknik Sipil menyampaikan capaian-capaian yang telah diraih oleh Program Studi Teknik Sipil selama tiga tahun terakhir. Telah banyak dilaksanakan kegiatan dengan pencapaian yang sangat baik seperti publikasi pada jurnal internasional dan kerjasama luar negeri, serta kegiatan rutin lainnya seperti pelaksanaan kuliah tamu. Program Studi Teknik Sipil terus mendorong pelaksanaan kegiatan pengembangan institusi untuk menuju akreditasi unggul dimana pada tahun 2018 ini berfokus pada kegiatan tracer study dan pendampingan lomba mahasiswa. “Kegiatan lainnya yang kami fokuskan pada tahun ini dan diharapkan menjadi kegiatan rutin adalah orientasi lapangan ketekniksipilan. Kegiatan ini bertujuan untuk membekali mahasiswa baru melalui kunjungan lapangan agar mahasiswa dapat melakukan pengamatan langsung” imbuhnya. Pada hari kedua Rapat Kerja Tahunan dilanjutkan dengan pemaparan masing-masing penanggung jawab kegiatan serta rapat pleno mengesahkan Standar Operasional Prosedur (SOP) yang telah disusun pada tahun 2017.

Maju terus pantang mundur, tak kenal menyerah!