Jurusan Teknik Sipil Gelar Kuliah Umum Ulas Morfologi dan Sedimentasi Sungai

Mengangkat tema “Morfologi dan Sedimentasi Sungai: Potensi Permasalahan dan Metode Pengendaliannya”, Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknuk UNSOED menggelar kuliah umum, Sabtu (05/5). Acara yang bertempat di Aula Fakultas Teknik dibuka oleh Kepala Laboratorium Hidrolika yaitu Dr. Eng. Purwanto Bekti Santoso, S.T., M.T., dan dihadiri oleh sekitaer 100 mahasiswa Jurusan Teknik Sipil dari berbagai angkatan.

Dalam sambutannya Kepala Laboratorium Hidrolika berharap dengan adanya kegiatan kuliah umum ini akan memberikan pengetahuan lebih luas kepada mahasiswa dan akademisi lainnya mengenai kondisi sungai di Indonesia. Kegiatan ini menunjukan potensi permasalahan yang ada pada sungai-sungai di Indonesia khususnya sedimentasi dan upaya pengendaliannya. “Dengan adanya kuliah umum ini akan memberikan pemahaman tersendiri sebagai penunjang pengetahuan ilmu hidrolika”, ungkapnya.

Kuliah umum menghadirkan narasumber dari Balai Litbang Sungai, Pusat Litbang SDA Kementerian PUPR, yaitu Dr. Eng. Agus Santoso, S.T., M.Eng. Dalam kuliah umum kali ini narasumber memaparkan detail berbagai macam potensi permasalahan sungai antara lain degradasi,  gerusan lokal, gerusan akibat kontraksi, dan sedimentasi. “Metode pengendalian yang dapat dilakukan meliputi pengendalian dasar sungai, pengendalian tebing sungai, dan peningkatan kapasitas sungai. Untuk menunjang pengendalian dapat dilakukan pemodelan fisik, pemodelan numerik, dan juga real time monitoring” tutupnya.

Maju Terus Pantang Mundur, Tak Kenal Menyerah