Purbalingga- Mahasiswa memiliki peran penting dalam pembangunan bangsa bangsa terutama mahasiswa teknik sipil yang berperan langsung dalam pembangunan. Maka pembekalan pengetahuan dan pandangan untuk mahasiswa teknik tentang memajukan negeri perlu diberikan. Oleh karenanya  Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil (HMTS) UNSOED berupaya untuk mengadakan wadah untuk memberiukan wawasan dari narasumber-narasumber dengan mengadakan Seminar Nasional. Seminar Nasional ini dikhususkan membahas suatu kejadian yang sedang Trending di Indonesia yang berkaitan dengan Jurusan Teknik Sipil.

Seminar Nasional yang ke-8 ini bertempat di Gedung Roediro Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang diselenggarakan pada tanggal 12 Oktober 2019. Dan pada Seminar Nasional tni, kami panitia sepakat untuk memilih tema untuk seminar nanti adalah transportasi, dengan judul ‘Strategi Pengelolaan dan Dampak Pembangunan Jalan Tol Terhadap Perkembangan Wilayah di Indonesia’. Judul itu dipilih berdasarkan pembahasan yang sedang hangat di Inonesia, khusunya jalan tol. Jalan Tol sebagai salah satu infrastruktur terbesar di Indonesia perlulah strategi pengelolaan untuk menjaga dan mengaturnya agar jalan tol bias berjalan dengan baik. Dan pastinya akibat dari pembangunan jalan tol tersebut terdapat dampak negatif dan dampat postif terhadap perkembangan wilayah di Indonesia yang dilewati oleh jalan tol. Dengan terbentuknya judul tersebut kami mengundang 2 moderator dan 3 pembicara yang berkompeten dalam membahas judul tersebut. Moderator pertama yaitu Ibu Eva Wahyu Indriyati, S.T.,M.T. dan moderator kedua adalah Ibu Probo Hardini S.T..,M.T.. Pembicara pertama adalah bapak Dr. Gito Sugiyanto S.T.,M.T. salah satu dosen dari Jurusan Teknik Sipil UNSOED yang sudah berkecimpung di dunia transportasi yang cukup lama, sehingga beliau menyanggupi untuk menjadi pembicara dengan pembahsan pembangunan tol di Indonesia. Pembicara yang kedua adalah bapak Agita Widjajanto S.T.,M.Sc. Anggota Badan Pengatur Jalan Tol Unsur Pemerintah Wakil dari Kementrian PUPR dengan pembahsan strategi pengelolaan jalan tol dan tugas-tugas Badan Pengatur Jalan Tol di Indonesia. Dan pembicara ketiga adalah bapak Dr. Ir. AR. Hanung Triyono, M.Si Kepala Dinas PU Bina Marga dan Cipta Karya Jawa Tengah, dengan pembahsan dampak pembangunan tol di Jawa Tengah, dan beliau juga memaparkan mengenai tol baru di Jawa Tengah harus melibatkan banyak elemen, tidak hanya orang Teknik Sipil, melaikan elemen lain. Sehingga dapat mengurangi dampak negatif dalam membangun jalan tol hingga dampak setelah jadinya terhadap wilayah yang menjadi bagian dari proyek ini.

Targetan peserta Seminar Nasional ini adalah mahasiswa dan umum.dengan adanya seminar ini diharapkan dapat membuka pikiran untuk para peserta agar tidak termakan dengan berita tidak benar mengenai pembangunan jalan tol di Indonesia, lalu dapat memahami aspek apa saja yang diperlukan dan disiapkan sebelum pembangunan jalan tol berlangsung dan yang terakhir adalah dapat membuka wawasan bagi kita semua, untuk menempuh dunia kerja nanti dan menumbuhakan pikiran kreatifitas dalam menangani permasalahan pembangunan jalan tol.

Maju terus pantang menyerah!.

Like (0)