Tanggap Kebutuhan Kuliah Daring, Dosen Teknik Sipil Unsoed Salurkan Bantuan Paket Data Internet

Purbalingga РCivitas akademika di lingkungan Universitas Jenderal Soedirman (UNSOED) termasuk di dalamnya Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik, terhitung mulai Senin 16 Maret 2020 melaksanakan arahan dari surat edaran Rektor UNSOED nomor 184/UN23.1/HM.01.10/2020 dengan merubah sistem pembelajaran menggunakan media daring (dalam jaringan) sebagai bentuk upaya pencegahan dan tanggap dari pandemi Covid-19. Kondisi awal pembelajaran mengharuskan dosen dan mahasiswa untuk bisa melewati dinamika penyesuaian kegiatan perkuliahan dengan berbagai pilihan media pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan dengan menggunakan beberapa model, seperti: teleconference, chatting/diskusi di platform daring, menyimak video yang sudah disiapkan, atau hanya download materi dengan instruksi tertentu. Kegiatan pembelajaran ini memerlukan sekitar 1 pekan penyesuaian sehingga berjalan optimal.

Dampak yang dirasakan adalah berlebihnya penggunaan data  internet terutama bagi mahasiswa yang harus melaksanakan perkuliahan daring ini setidaknya kurang lebih 20 jam dalam sepekan. Penggunaan data internet akan lebih terasa lagi jika metode pembelajaran yang disediakan dosen pengampu menggunakan media teleconference. Hal ini sudah dipikirkan oleh dosen-dosen di Jurusan Teknik Sipil UNSOED setelah surat edaran Rektor UNSOED terbit. Pada hari ke-2 perkuliahan daring, Dosen Teknik Sipil UNSOED telah bersepakat untuk membantu kegiatan pembelajaran mahasiswa Teknik Sipil dengan membuka donasi dan memberikannya kepada mahasiswa yang membutuhkan.

Donasi berasal dari para dosen dan alumni Teknik Sipil UNSOED. Jumlah donasi yang masuk sampai dengan 9 April 2020 mencapai Rp. 9.349.000,00. Dalam perkembangannya, karena situasi yang sangat dinamis, dana tersebut tidak hanya disalurkan untuk bantuan data internet, tetapi juga membantu Mahasiswa yang ingin pulang ke daerah asal dengan tetap menjalankan protokol Covid-19 dan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari mahasiswa dengan bantuan sembako bagi mereka yang masih berada di sekitar Kampus Blater.

Dosen Teknik Sipil UNSOED pada kesempatan ini mengucapkan banyak terima kasih kepada para donatur terutama dari alumni, semoga bantuan yang telah diberikan menjadi menjadi tabungan amal kebaikan di akhirat kelak.

Maju terus, pantang menyerah!

Keep moving forward, and never give up!!!