Webinar Teknik Sipil Unsoed – Join Webinar 4 Universitas Sesi 2

Program Studi Teknik Sipil Universitas Jenderal Soedirman mengadakan Kuliah Umum dengan tema “Tantangan dan Potensi Pengelolaan Sumber Daya Air Nasional dalam Meghadapi Era Industri 4.0” pada tanggal 17 Oktober 2020 lalu. Kuliah Umum ini merupakan program webinar yang dilaksanakan oleh 4 Universitas. Sejarah pelaksanaan webinar ini dimulai antara Tanri Abeng University (TAU) dengan Universitas Maranatha beberapa bulan lalu. Kemudian disusulkan sekitar bulan Juli/Agustus dari TAU (kolega Pak Nanang Gunawan) dengan menghubungi Ketua Jurusan Teknik Sipil Unsoed, Agus Maryoto, untuk ikut dalam kegiatan tersebut. Sehingga terbentuklah kolaborasi 4 Universitas ditambah dengan Universitas Negeri Semarang (Unnes) untuk melaksanakan webinar rutin 1 bulan 1 kali secara bergiliran.

Kesempatan webinar kedua ini, setelah kegiatan perdana dilaksanakan oleh Unnes, mengahadirkan narasumber praktisi dan akademisi, yaitu:

  1. Ir. Happy Mulya, ME. – Kepala Sekretariat Dewan SDA Nasional Kementerian PUPR
    Judul presentasi: Pengelolaan Sumber Daya Air Pulau Kecil
  1. Idi Namara, ST., MT.Kaprodi Teknik Sipil Tanri Abeng University – Jakarta
    Judul presentasi: Pengembangan Kebijakan Tata Kelola Kualitas Air Sungai Berbasis Manajemen Resiko

Kegiatan webinar ini dimoderatori oleh Wahyu Widiyanto, ST., MT. Ph.D (Cand.) yang merupakan Dosen Teknik Sipil Unsoed dan Kandidat Doktor National Cheng Kung University, Taiwan. Peserta dari mahasiswa yang mengambil mata kuliah bidang keairan di masing-masing universitas yang dihadiri lebih dari 150 orang.

Hery Awan Susanto selaku ketua pelaksana kegiatan webinar ini menyampaikan di awal sesi kegiatan webinar, bahwa kerjasama ini bisa ditindaklanjuti dengan kerjasama lainnya seperti kerjasama riset, perkuliahan, atau lainnya. Adapun MoU masih disusun (saat ini sudah draft). Semoga Prodi Teknik Sipil Unsoed semakin berkualitas, terus berkontribusi melalui kegiatan tridharma, dan menggapai cita-cita selanjutnya.

Maju terus, pantang menyerah!