Dari Alumni Untuk Teknik Sipil Unsoed, Beasiswa IATS 2021

Kamis, 20 Mei 2021, Pengurus beasiswa Ikatan Alumni Teknik Sipil (IATS) Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) mewakili seluruh alumni Teknik Sipil Unsoed mengucapkan selamat kepada 6 penerima beasiswa IATS periode 2021 dan menyerahkan dana beasiswa dari alumni tersebut secara simbolik. Kegiatan penyerahan ini dilaksanakan melalui media daring.

Berdasarkan informasi dari Mas Arga Bima selaku ketua program beasiswa IATS, Program beasiswa ini dulu diinisiasi oleh Bu Eva Wahyu dan sudah masuk periode ke-3. Penerima beasiswa mendapatkan biaya pendidikan dan penunjang lainnya selama 2 semester sebesar 10 juta. Program beasiswa ini menjadi program yang ditunggu-tunggu banyak mahasiswa, karena selain ditujukan untuk meringankan biaya pendidikan bagi yang mengalami keterbatasan ekonomi sebagai program utama, juga disediakan untuk mahasiswa yang memiliki prestasi di bidang akademik sekaligus non akademik.

Mas Arga Bima di kesempatan sebelumnya menyampaikan terima kasih kepada seluruh alumni dari berbagai angkatan yang sudah berkontribusi menjadi donator sehingga program ini terus berjalan sampai di periode ke-3 ini. Tanpa adanya dukungan dari para alumni, tentunya program ini tidak bisa berjalan sama sekali. Mas Arga juga menyampaikan terima kasih dan mengapresiasi seluruh peserta yang telah mendaftar di program beasiswa IATS periode ke-3 ini yang mencapai 20 peserta. Proses seleksi di periode ini cukup ketat dan tidak mudah untuk memutuskan 6 peserta terpilih. Bagi peserta yang belum berkesempatan mendapatkan beasiswa ini untuk tetap semangat, jangan berkecil hati, insyaAllah ini merupakan hasil terbaik, dan semoga mendapatkan kesempatan di program lain baik dalam bentuk beasiswa atau program lainnya.

Adapun penerima beasiswa IATS pada periode 2021 ini antara lain:

  1. Hanifah Mitsla Salsabila,
  2. Kiki Faturrohman,
  3. Arizal Nurhananto,
  4. Diajeng Sekar,
  5. Regina Prahita, dan
  6. Sandi Dwi Saputra.


Gambar 1. Salah satu sertifikat penerima beasiswa IATS Unsoed

Para penerima beasiswa mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada para alumni dan pengurus beasiswa IATS atas bantuan dan dukungan yang telah diberikan melalui program beasiswa IATS ini. Dengan adanya beasiswa ini, para penerima beasiswa terdorong untuk ikut memberikan kontribusi nyata selama masa kuliah baik bidang akademik maupun non akademik. Beberapa program sudah dicanangkan sebagai bentuk timbal balik dari para penerima beasiswa untuk mendukung kemajuan bersama. Salah satunya, pada kegiatan ini juga dijadikan kesempatan bagi mereka untuk berdiskusi ringan dengan alumni. Beberapa isu disampaikan para penerima beasiswa dan dibahas bersama, antara lain:

  1. Harapan adanya forum atau media yang bisa menghubungkan antara alumni dan mahasiswa,
  2. Harapan adanya kegiatan pendidikan/pelatihan dari alumni yang sudah bekerja bagi mahasiswa dalam bentuk seperti pelatihan software dan kuliah tamu dari suatu mata kuliah,
  3. Harapan adanya ekspo dari perusahaan tempat alumni bekerja untuk menambah literasi jaringan lulusan dan kesempatan berkarir,
  4. Pendampingan untuk sertifikasi ataupun pelatihan (contoh sibima dari Kemen-PUPR), dan
  5. Kegiatan-kegiatan lain yang mengarah dan mendukung pengembangan softskill dan rencana career development mahasiswa lebih dini sebelum lulus.

Hasil dan bahan diskusi ini menjadi masukkan untuk dicarikan solusi dan ditindaklanjuti oleh berbagai pihak. Setidaknya dari mahasiswa, dosen, dan alumni serta/atau diwakili oleh hima/UKM, jurusan, dan kepengurusan di IATS, perlu ada sinergitas dan kolaborasi dalam bentuk kegiatan nyata.


Gambar 2. Kegiatan penyerahan beasiswa secara simbolik kepada penerima beasiswa IATS Unsoed

Selain itu dari penerima beasiswa IATS juga pada kesempatan ini menanyakan berbagai hal terkait dunia kerja. Pengurus beasiswa IATS mewakili alumni juga memberikan berbagai pesan dan motivasi kepada penerima beasiswa salah satunya untuk bisa memanfaatkan berbagai kesempatan yang sangat luas selama masih menjadi mahasiswa.

Semoga Allah Subhanahuwata’ala memudahkan kita untuk semakin maju dan memberikan kebermanfaatan di jalan kebaikan bagi lingkungan kita, bangsa, dan negara.

Sipil Unsoed Maju Terus! Pantang Menyerah!!

Catatan:
Adapun kegiatan yang sudah berlangsung dan melibatkan alumni, antara lain: kuliah tamu dari suatu mata kuliah dengan menghadirkan alumni yang diinisiasi dosen pengampu secara mandiri, program kuliah umum 2 kali dalam setahun yang dilaksanakan jurusan, kegiatan temu alumni yang merupakan program tahunan HMTS Unsoed, kegiatan kunjungan ketekniksipilan pada program jurusan yang berkolaborasi dengan alumni, juga beasiswa IATS yang merupakan bentuk kontribusi nyata dari para alumni. Saat ini juga sedang diinisiasi oleh fakultas kegiatan ekspo karir dengan mengundang para alumni untuk mengenalkan perusahaan/instansi tempat mereka bekerja, termasuk lowongan karir dan jalur masuknya.