Kurikulum 2021 Teknik Sipil Unsoed Berbasis MBKM Segera Terbit!

Kurikulum Teknik Sipil Univeristas Jenderal Soedirman Tahun 2021 berbasis penerapan MBKM segera disahkan dan akan diterapkan di tahun ajaran 2021/2022 mendatang. Kurikulum terbaru ini akan menggantikan kurikulum tahun 2015 yang masih digunakan sampai dengan saat ini. Perubahan kurikulum merupakan program rutin 5 tahunan dengan tujuan menyelaraskan isi kurikulum pembelajaran dengan  perkembangan Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni (IPTEKS) (scientific vision), kebutuhan masyarakat (societal needs), serta kebutuhan pengguna lulusan (stakeholder needs). Salah satu isu dan merupakan mandat dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi adalah sistem pembelajaran harus memberikan ruang gerak tehadap mahasiswa dengan hasil akhir berupa kompetensi yang memang dibutuhkan oleh pengguna lulusan tertentu. Mandat tersebut diwadahi dalam bentuk program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

Program MBKM yang sedang diterapkan oleh seluruh kampus di Indonesia ini memiliki berbagai skema pembelajaran seperti program magang 6 bulan, pertukaran pelajar, asistensi mengajar di satuan pendidikan, penelitian/riset di balai/instansi riset tetentu, proyek kemanusiaan, kegiatan wirausaha, studi/proyek independen, dan membangun desa/KKN Tematik. Program tersebut memberikan skill dan kemampuan yang dibutuhkan mahasiswa sesuai dengan ketertarikan atas rencana dunia kerjanya maupun cita-citanya kelak. Keseluruhan program tersebut tentunya akan diselaraskan dengan setiap jurusan/program studi di indonesia sesuai karakteristiknya.

Jurusan Teknik Sipil Unsoed mengembangkan kurikulum dengan mewadahi berbagai program MBKM. Program ini tentunya akan meningkatkan kualitas terhadap calon lulusan untuk bisa beradaptasi lebih cepat dan sesuai kebutuhan di dunia kerjanya. Agar program tersebut bisa diimplemetasikan dengan baik, tim penyusun kurikulum yang diketuai Dr.-Ing. Suroso, S.T., M.Sc. ini, mengalokasikan 1 semester program pilihan MBKM, di samping program reguler yang juga tetap disediakan, yaitu di semester 7. Sehingga mata kuliah wajib di kurikulum baru ini, didesain agar sudah diambil sebelum masuk program MBKM. Saat ini dokumen kurikulum sudah disusun dan tinggal menunggu pengesahan Dekan FT. Semoga upaya-upaya yang telah dilakukan bisa dipetik buah manisnya di kemudian hari. Aamiin..

Teknik Sipil Unsoed.. Maju Terus! Pantang Mundur!!