Capaian pembelajaran lulusan (CPL) merupakan komponen aspek-aspek penilaian yang menjadi dasar dalam pembentukan materi pembelajaran perkuliahan. CPL adalah suatu ungkapan tujuan pendidikan, yang merupakan suatu pernyataan tentang apa yang diharapkan diketahui, dipahami, dan dapat dikerjakan oleh peserta didik setelah menyelesaikan suatu periode belajar.

Capaian pembelajaran lulusan Program Studi S1 Teknik Sipil Unsoed adalah:

  1. Kemampuan menerapkan pengetahuan matematika, ilmu pengetahuan alam, material, probabilitas, teknik statistik, dan teknologi informasi untuk mendapatkan pemahaman menyeluruh tentang prinsip-prinsip ketekniksipilan
  2. Kemampuan merencanakan dan merancang bangunan gedung dan infrastruktur sesuai standar/kode yang berlaku dengan mempertimbangkan aspek-aspek yang realistis seperti hukum, ekonomi, lingkungan, sosial, politik, kesehatan dan keselamatan, keberlanjutan yang memanfaatkan potensi sumber daya lokal dan nasional dengan wawasan global
  3. Kemampuan merancang, melaksanakan eksperimen laboratorium dan/atau lapangan serta menganalisis, menginterpretasikan, dan melaporkan hasil eksperimen untuk memperkuat penilaian teknik di bidang Teknik Sipil
  4. Kemampuan mengidentifikasi, merumuskan, menganalisis data dan informasi untuk menyelesaikan permasalahan di bidang Teknik Sipil dengan memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai humaniora baik mandiri dan/atau tim secara terukur dan bermutu
  5. Kemampuan menerapkan metode, keterampilan, teknologi komputer dan informatika, dan piranti teknik yang modern yang diperlukan dalam bidang Teknik Sipil secara efektif dan efisien
  6. Kemampuan menyusun dan menyampaikan secara tertulis dan lisan deskripsi saintifik hasil kajian ilmiah secara efektif serta mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
  7. Kemampuan merencanakan, menyelesaikan, mengevaluasi tugas dan mengambil keputusan terhadap penyelesaian pekerjaan secara bertanggungjawab
  8. Kemampuan menghargai dan bekerja dalam tim lintas disiplin keilmuan, sosial, budaya, agama, kepercayaan dan memelihara dan mengembangkan jaringan kerja serta memiliki kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan baik di dalam maupun di luar lembaganya
  9. Kemampuan mematuhi nilai, norma, dan etika akademik serta etika profesi dalam menyelesaikan permasalahan ketekniksipilan dan bertanggungjawab secara mandiri atas pekerjaanya
  10. Kemampuan memahami kebutuhan akan pembelajaran sepanjang hayat, termasuk akses terhadap pengetahuan terkait isu-isu kekinian yang relevan.
  11. Kemampuan berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan beragama, bermasyarakat, berbangsa, bernegara, taat hukum, semangat kemandirian, kejuangan, kemanusiaan dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  12. Kemampuan merancang pelaksanaan dan pengawasan pembangunan gedung dan infrastruktur serta pengoperasian, pemeliharaan, pembongkaran, dan mitigasi bencana dengan berpedoman peraturan yang berlaku;
Like (0)