Purbalingga- Bertempat di Laboratorium Teknik Sipil Fakultas Teknik Unsoed, mahasiswa program studi Teknik Sipil Universitas Perjuangan (Unper) Tasikmalaya melakukan kegiatan praktikum hidraulika. Praktikum hidraulika merupakan salah satu mata kuliah wajib  pendidikan tinggi pada program sarjana Teknik Sipil. Kegiatan ini sebagai wujud kerjasama antara Fakultas Teknik Unper dengan Fakultas Teknik Unsoed. Kegiatan praktikum hidraulika ini diikuti oleh 34 mahasiswa Unper didampangi oleh asisten hidraulika yang berasal dari mahasiswa tingkat akhir program studi  Teknik Sipil Unsoed, diantaranya adalah Adib Haekal Al Kautsar, Lailin Hasta Ramadhani, Deril Ilyas Ramadhan, dan Rudyanto Setyo Kumala.

Kegiatan praktikum hidraulika dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 3 Mei 2019 dan 24 Mei 2019 berlokasi di dua tempat kompleks Fakultas Teknik Unsoed, yaitu di laboratorium (in door) dan di lapangan (outdoor). Pengujian di laboratorium adalah percobaan aliran di saluran terbuka menggunakan bendung crump dan pintu air. Percobaan ini diantaranya bertujuan untuk mendapatkan pola modular flow dan pola non-modular flow serta perilaku aliran meliputi gaya pada pintu air, persamaan energi spesifik, dan loncat air. Selain itu, dilakukan juga percobaan aliran pada pipa dengan diameter dan tingkat kekasaran dinding pipa yang berbeda. Percobaan ini bertujuan untuk menentukan hubungan antara besarnya kehilangan energi karena gesekan fluida serta menentukan hubungan antara koefisien gesek fluida dan bilangan reynold. Pengujian yang dilakukan di lapangan adalah pengukuran debit aliran pada saluran alam dan buatan dengan metode pelampung dan current meter.

Secara umum, kegiatan ini berlangsung dengan baik dan lancar. Hal ini terlihat dari antusias mahasiswa Unper dalam melakukan kegiatan praktikum tersebut.

Maju terus pantang menyerah!.

Like (0)