Sabtu, 4 September 2021 telah dilaksanakan kegiatan Site Visiting secara virtual oleh Jurusan Teknik Sipil Unsoed dan Himputan Mahasiswa Teknik SIpil Unsoed. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan dengan tujuan untuk mengenalkan mahasiswa pada dunia kerja sehingga dapat menumbuhkan motivasi proses studi mahasiswa dan juga dengan kegiatan ini bisa manambah wawasan terkait inovasi dan perkembangan dunia kerja. Tema Site Visiting kali ini terkait Building Information Modelling (BIM) dengan narasumber:

  1. Arry Wibowo, S.T. sebagai Manajer Proyek JIS (PT Jakarta Utama Propertindo)
  2. M. Agung Putra Handana, S.T., M.T. sebagai Direktur PT Putra Karya Handana

Pemateri pertama menyampaikan penerapan BIM pada proyek Jakarta International Stadium dari mulai tahap perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, identifikasi clash dan risiko, serta nantinya saat kegiatan operasional. Selain itu penerapan virtual reality juga menjadi tools yang membantu proses pengawasan terhadaa kegiatan dan progres pekerjaan secara visual yang bisa langsung diakses oleh stakeholder dari tempat lain. Adapun pemateri kedua menyampaikan terkait penerapan BIM oleh kontraktor menengah dan kecil yang saat ini masih belum banyak dilakukan. Penerapan BIM disampaikan pada berbagai proyek dari proyek gedung senilai 50 milyar sampai proyek rumah.

Semoga kegiatan ini bisa memberikan wawasan bagi mahasiswa Teknik Sipil Unsoed dan mendorong mereka ikut berkarya di masa depan.

Teknik Sipil Unsoed, Maju Terus Pantang Menyerah!!

 

Like (0)