Februari 2022, telah dilaksanakan kegiatan seminar dan evaluasi proses pembelajaran Peserta MBKM Magang oleh Dosen Pengampu mata kuliah dan Komisi MBKM Prodi Teknik Sipil Universitas Jenderal Soedirman. Evaluasi dan penilaian ini menjadi kegiatan akhir program magang yang dilaksanakan selama 6 bulan tersebut. Tujuan yang diharapkan berupa upaya mendekatkan calon lulusan dengan industrinya, sehingga dapat meningkatkan kesiapan dan relevansi lulusan dengan kebutuhan industri, dunia usaha, dan dunia kerja, dapat terlaksana dengan baik walaupun dalam pelaksanaannya tidak lepas dari berbagai tantangan dan hambatan sebagai penyesuaian terhadap program baru yang dicetus Kemenristekdibud ini.

Hasil evaluasi menunjukkan bahwa mahasiswa mendapatkan banyak manfaat dengan adanya program ini. Magang dengan durasi 6 bulan memberikan pengalaman yang sangat berharga untuk mendalami lebih jauh dunia kerja baik dari sisi ekosistem, proses suatu proyek konstruksi, maupun elemen stakeholder yang terlibat. Mahasiswa diikutsertakan dalam proses dengan peran tertentu untuk bisa lebih mengenal jobdesk yang biasa diisi bagi seorang lulusan teknik sipil. Kesempatan memberikan tambahan wawasan sekaligus mengasah keterampilan mahasiswa sesuai bidangnya. Selain itu, mahasiswa juga menyadari pentingnya hardskill dan softskill yang perlu dikembangkan sejak dini dimana dapat membantu lulusan dalam mengelola suatu organisasi, mengkomunikasikan suatu ide atau pendapat di forum, dan berkoordinasi serta mendorong suatu tim kerja untuk bisa mencapai target atau rencana-rencana yang sudah disepakati.

Terdapat beberapa tantangan yang dihadapi saat pelaksanaan program ini. Maka dari itu poin perbaikan yang bisa ditindaklanjuti di kesempatan berikutnya antara lain terkait pendetailan jobdesk dan porsi waktu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas dari kampus dengan tugas dari mitra, jam kerja yang diberikan, pendetailan SOP program magang, penjelasan kontrak magang kepada stakeholder yang akan mendampingi peserta magang, penggunaan eldiru dalam proses pengawasan dan penilaian CPMK yang telah dipenuhi peserta magang, serta jadwal yang lebih teratur untuk kegitaan bimbingan antara peserta dengan dosen pembimbing.

Kegiatan magang selama 6 bulan ini merupakan program kali pertama yang dilaksanakan Prodi Teknik Sipil Unsoed. Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan kerja praktik dengan inisiasi kerjasama dengan beberapa perusahaan kontraktor BUMN dan Swasta berikut perusahaan konsultan. Namun durasi pelaksanaan KP ini hanya dilakukan secara normal sekitar 2 bulan. Dengan kegiatan MBKM Magang 6 bulan ini, mahasiswa akan mendapatkan kesempatan dan banyak manfaat yang akan didapatkan termasuk mitra tempat mahasiswa magang. Mitra pada kegiatan MBKM Magang 6 bulan ini terdiri dari 2 perusahaan konsultan dan 3 perusahaan kontraktor. Kelima mitra tersebut antara lain:

  1. PT Pola Data Consultant
  2. PT AMT Consultant
  3. PT Putra Jaya Andalan
  4. PT Bhineka Cipta Prima
  5. PT Cipta Dimensi

Peserta magang yang diusulkan berjumlah 24 mahasiswa dan merupakan mahasiswa-mahasiswa terbaik semester 7 dan 9 yang berminat mengikuti MBKM Magang 6 bulan, sehingga peserta yang diikutkan sudah menyelesaikan mata kuliah wajibnya dan tingkat kesiapan magangnya cukup baik. Selain itu, peserta juga sudah dilakukan seleksi dan pembekalan oleh Prodi Teknik Sipil Unsoed.

Like (0)