Penyelenggaraan mata kuliah kewirausahaan sebagai mata kuliah wajib di program studi S1 Teknik Sipil Universitas Jenderal Soedirman merupakan upaya program pembelajaran untuk membangun jiwa wirausahawan bagi calon lulusan. Salah satu profil dari 7 profil lulusan Teknik Sipil Unsoed adalah menjadi wirausahawan bidang teknik sipil. Maka dari itu perlu ada upaya berupa proses pembelajaran yang dapat mendukung lulusan memiliki semangat dan kemampuan dalam berwirausaha. Salah satu upaya selain diselenggarakannya mata kuliah kewirausahaan adalah kegiatan Seleksi Proposal Kewirausahaan Teknik Sipil (SPK-TS)Unsoed.

Kegiatan SPK-TS ini merupakan kegiatan kedua yang diselenggarakan Jurusan Teknik Sipil Unsoed untuk menggali potensi dan bakat mahasiswa. Mahasiswa berkesempatan mengikuti seleksi rencana usaha dan bantuan modal untuk membantu melaksanakan dan merealisasikan usahanya. kegiatan ini disusun secara terstruktur dari tahap perencanaan usaha, bantuan pendampingan dan pendanaan, serta pelaksanaan usaha. Kegiatan wirausaha merupakan salah satu kegiatan unggulan mahasiswa di kampus dan merupakan bentuk ekstrakulikuler yang dapat menggali potensi dan bakat pelaku usaha.

Berwirausaha adalah cara terbaik menggali potensi dan bakat calon lulusan sebagai wirausahawan. SPK-TS memfasilitasi mahasiswa untuk mendapatkan media pembelajaran secara mandiri dan terjun langsung dengan konsep learning by doing. Hal ini sangat penting mengingat keterbatasan program pembelajaran yang hanya dibebankan pada mata kuliah kewirausahaan saja. Beberapa manfaat yang bisa didapatkan dengan konsep pembelajaran learning by doing adalah mahasiswa memahami dengan cara merasakan dari aktivitas riil selama pembelajaran langsung tersebut. Sehingga ilmu yang didapatkan selama berproses akan cukup baik terekam dan menjadi pengalaman untuk mengembangkan usaha tersebut ataupun mempersiapkan usaha lain di kemudian hari. Penyelenggaraan SPK TS 2022 direncanakan sebagai berikut.

  • 1 Maret 2022 Sosialisasi SPK Teknik Sipil
  • 20 Maret 2022 Batas akhir pengumpulan proposal
  • 21-24 Maret 2022 Penilaian proposal
  • 26 Maret 2022 Pengembalian proposal
  • 28 Maret 2022 Pengumuman pemenang
  • 29 Maret – 1 April 2022 Pendampingan dan persiapan usaha
  • 9 April s.d. selesai Pelaksanaan usaha
  • 1 Juli 2022 Pendampingan dan Monev

Kegiatan ini berjalan lancar selain karena faktor partisipasi peserta dari kelas mata kuliah kewirausahaan, juga karena aspek teknis dalam proses pelaksanaan SPK TS ini yang menanamkan semangat dan motivasi untuk menggali inovasi terbaiknya. Kondisi ini membuat mahasiswa lebih tertarik untuk ikut mendaftar dan menuangkan ide kreatifnya. Jumlah peserta cukup banyak yaitu 22 tim, jika asumsi per tim adalah 3 orang, maka kegiatan ini sudah diikuti oleh 66 mahasiswa.

Proposal usaha pada kegiatan SPK-TS 2022 telah dilaksanakan terhitung tanggal 21 s.d. 24 Maret 2022 oleh reviewer, maka dengan ini ditetapkan 2 tim pemenang SPK-TS periode 2022 kepada:
1. Judul : Kuliner Lokal Mie Kering SAHWAHITA Pengolahan Sawi Hijau Menjadi Mie yang Sehat dengan Harga Ekonomis
Ketua tim: Ahmad Sadili (H1B020058)
Anggota  : 1. Muhammad Adi Fujianto (H1B020012)
                     2. Muhammad Tegar T (H1B020084)
2. Judul : TAHU LALER (Tahu Coklat Lumer)
Ketua tim: Muhammad Sakti Wijayanto(H1B020053)
Anggota  : 1. Haidar Fadhila Rahman (H1B020001)
                     2. Muhammad Adnan Adi F (H1B020059)

Kedua tim berkesempatan untuk menjalankan rencana usahanya dengan bantuan pendanaan masing-masing sebesar Rp. 2.500.000,-. Pelaksanaan kegiatan SPK TS 2022 ini berjalan dengan baik dengan dukungan peserta, panitia dari pihak dosen dan juga prodi dan fakultas dalam mendukung dari aspek materi dan non materi. Semoga kegiatan ini bisa berjalan semakin baik ke depannya.
Sipil Unsoed, Terus Berkarya!!

 

Like (0)