Praktikum

Beberapa materi untuk mencapai luaran dalam kurikulum Jurusan Teknik Sipil tidak dapat dicapai hanya dengan pembelajaran kelas. Oleh karena itu beberapa mata kuliah dirancang dengan praktikum. Kegiatan praktikum dilaksanakan di Laboratorium Terpadu Jurusan Teknik Sipil.  Peralatan-peralatan yang ada di laboratorium sangat lengkap untuk mendukung kegiatan praktikum. Bahkan alat uji seperti Universal Testing Machine (UTM) dan Triaxial Digital yang hanya dimiliki oleh sedikit universitas besar lain di Indonesia juga ada di laboratorium Jurusan Teknik Sipil.

Pada umumnya mata kuliah praktikum dapat diambil setelah mahasiswa menempuh dan lulus dari mata kuliah prasyarat terkait. Mata kuliah praktikum yang ada di Jurusan Teknik Sipil adalah :

Praktikum Pemetaan dan Sistem Informasi Geografis (Semester 2 / 1 sks)

Dalam praktikum ini mahasiswa melakukan pengukuran kerangka peta poligon, pengukuran beda tinggi dengan menyipat datar, pengukuran profil memanjang dan melintang, pengukuran situasi (detail), pembuatan peta situasi, entry data spasial, entry properti objek SIG, Membuat peta tematik dan analisis SIG.

Praktikum Pemrograman Komputer (Semester 3 / 1 sks)

Praktikum yang dilakukan di mata kuliah ini adalah pembuatan source code, statement, alur pembuatan program, eksekusi program, deklarasi variabel, bagan alir, notasi algoritmik, struktur kontrol, variabel array, iterasi dan modul-modul subprogram.

Praktikum Teknologi Bahan (Semester 3 / 1 sks)

Melalui praktikum ini mahasiswa akan mampu membuat mix design dan menguji sifat-sifat mekaniknya. Sifat-sifat mekanik yang diuji antara lain : berat jenis semen, konsitensi normal semen, ikatan awal semen, berat jenis pasir, berat volume pasir, kandungan lumpur, gradasi pasir, berat jenis kerikil, berat volume kerikil, gradasi kerikil, ketahanan aus kecil, adukan beton, slump, kuat tekan beton, kuat tarik belah dan kuat tarik baja. Semua kemampuan tersebut dibutuhkan dalam perancangan bangunan-bangunan struktur seperti gedung dan jembatan.

Praktikum Mekanika Tanah (Semester 4 / 1 sks)

Melalui praktikum ini mahasiswa akan mampu melakukan pengujian-pengujian tanah di lapangan dan laboratorium. Pengujian tanah yang dilakukan di praktikum ini adalah pengujian kadar air, berat jenis, berat satuan tanah, batas konsistensi tanah, analisis ukuran butiran tanah, uji kepadatan tanah, uji permeabilitas tanah, uji sondir dan uji kuat geser tanah.

Praktikum Perkerasan Jalan (Semester 5 / 1 sks)

Kegiatan praktikum yang dilakukan antara lain : pemeriksaan penetrasi bahan-bahan bitumen, pemeriksaan berat jenis bitumen keras dan ter, pemeriksaan titik lembek aspal dan ter, pemeriksaan titik nyala dan titik bakar, pemeriksaan daktilitas bahan-bahan bitumen, pemeriksaan viskositas bahan-bahan bitumen, desain campuran aspal dan agregat, pengujian Marshall.

Praktikum Hidraulika (Semester 5 / 1 sks)

Praktikum ini diselenggarakan agar mahasiswa mampu melakukan pengukuran debit pada saluran terbuka, mengukur dan menghitung kehilangan energi aliran pipa, mengukur debit menggunakan ambang dan menghitung panjang loncatan hidraulik. Semua kemampuan tersebut dibutuhkan dalam perancangan bangunan-bangunan air.