Workshop dan Focus Group Discussion Penyusunan Kurikulum MBKM Prodi Teknik Sipil Unsoed

Menindaklanjuti pemberian dana hibah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kepada Program Studi Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Jenderal Soedirman dalam merumuskan dan mengimplementasikan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, maka dilaksanakan beberapa kegiatan dalam semester ini sampai dengan bulan Desember mendatang yang dimulai dengan kegiatan Workshop & Focus Group Discussion pada tanggal 3 Oktober 2020 dalam menyusun kurikulum MBKM Prodi Teknik Sipil Unsoed. Workshop dan FGD Penyusunan Kurikulum MBKM secara daring ini dilaksanakan sebagai upaya awal untuk mengidentifikasi kebutuhan kurikulum dengan penerapan MBKM berdasarkan panduan MBKM dan juga masukan pengguna lulusan terkait rencana implementasinya. Workshop dan FGD ini menghadirkan narasumber Dr. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T. dari Universitas Gadjah Mada dengan pembahasan “Identifikasi Kebutuhan Kurikulum dan Pedoman”. Selain itu, Prof.Dr.Ir. Akhmad Sodiq, M.Sc.Agr, Wakil Rektor Bidang 1 Universitas Jenderal Soedirman juga memberikan gambaran rencana implemetasi MBKM di tingkat Universitas beserta Program Studi lainnya yang sedang merumuskan dan mengimplementasikan program ini.

Stakeholder yang diundang pun, baik pengguna lulusan maupun alumnus Teknik Sipil Unsoed, juga memberikan masukan untuk program MBKM berupa kegiatan magang di industri selama 6 bulan. Masukan yang diberikan cukup beragam dan sangat membantu Prodi Teknik Sipil Unsoed dalam merumuskan program magang ini, terutama capaian/luaran mahasiswa setelah melalui kegiatan magang 6 bulan. Masukan banyak menitikberatkan pada hal-hal teknis namun berdampak signifikan dalam mendukung pencapaian luaran. Stakeholder yang mengikuti Workshop dan FGD ini dihadiri sekitar 25 peserta, baik dari Kontraktor, Konsultan Perencana, Konsultan MK, dan juga Owner.

Pada kesempatan ini, Prodi Teknik Sipil Unsoed mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada kedua narasumber yang telah memberikan arahan penyusunan kurikulum MBKM ini dan juga kepada stakeholder pengguna lulusan dan alumnus yang telah memberikan banyak masukan dalam perancangan program magang 6 bulan. Semoga Prodi Teknik Sipil Unsoed semakin berkualitas, terus berkontribusi melalui kegiatan tridharma, dan menggapai cita-cita selanjutnya.

Maju terus, pantang menyerah!