Rapat Kerja Penyusunan Kurikulum Prodi Teknik Sipil yang Adaptif Program MBKM

Kegiatan lanjutan setelah Workshop dan Focus Group Discussion pada tanggal 3 Oktober 2020 lalu dalam merumuskan dan mengimplementasikan Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, yaitu Rapat Kerja Penyusunan Kurikulum Prodi Teknik Sipil yang Adaptif dengan Program MBKM. Kegiatan Raker ini dilaksanakan pada tanggal 26 – 27 Oktober 2020 di Hotel Java Heritage Purwokerto oleh seluruh dosen Teknik Sipil Universitas Jenderal Soedirman. Adapun luaran kegiatan raker kali ini adalah:

  1. Struktur kurikulum yang menyediakan 1 semester untuk program MBKM berupa magang 6 bulan di semester ke-7.
  2. Silabus program magang 6 bulan baik di Kontraktor, Konsultan MK, Konsultan Perencana maupun Owner.

Penyusunan struktur kurikulum cukup banyak mendapatkan respon dari seluruh dosen agar bisa meningkatkan kualitas bidang pendidikan yang nantinya dijalankan mahasiswa. Penyusunan ini tidak luput dari pembahasan transisi penerapan kurikulum lama ke yang baru. Selain itu, menjadi kesempatan juga bagi setiap bidang keahlian untuk meng-upgrade mata kuliah beserta silabusnya sesuai anjuran Badan Musyawarah Teknik Sipil Seluruh Indonesia Perguruan Tinggi (BMPPTTSI) dan juga masukan pengguna lulusan beserta alumni di kegiatan workshop dan FGD sebelumnya.

Adapun silabus program magang 6 bulan sudah masuk babak final dalam merumuskan CPMK setiap mata kuliah pilihan yang dikonversikan ke dalam kegiatan magang 6 bulan tersebut. Proses ini membutuhkan cukup waktu dikarenakan kondisi tempat magang yang sangat bervariasi terutama dari variable waktu masuknya. Namun tentu hal ini bukan menjadi kendala yang menghentikan semangat para pendidik di Program Studi Teknik Sipil untuk menyusun kurikulum MBKM yang ideal, aplikatif, dan menarik minat mahasiswa dalam menjalankan program ini. Bapak Suroso selaku ketua dan penggagas penyusunan dan penerapan program MBKM di Prodi Teknik Sipil Unsoed bersama seluruh dosen Teknik Sipil Unsoed akan memaksimalkan proses ini agar bisa memetik buah kebaikan di kemudian hari. Semoga Prodi Teknik Sipil Unsoed semakin berkualitas, terus berkontribusi melalui kegiatan tridharma, dan menggapai cita-cita selanjutnya.

Maju terus, pantang menyerah!