Kuliah Tamu : Alumni & Praktisi Kenalkan BIM Kepada Mahasiswa Teknik Sipil Unsoed

Sabtu, 5 Juni 2021, Jurusan Teknik Sipil Unsoed melaksanakan Kuliah Tamu bidang Manajemen dan Rekayasa Konstruksi. Kuliah tamu di Jurusan Teknik Sipil Unsoed merupakan kegiatan rutin yang diselenggarakan 2 kali dalam setahun dengan sasaran peserta adalah mahasiswa aktif saat itu. Tujuan kegiatan ini untuk memberikan wawasan atas perkembangan industri konstruksi kepada mahasiswa agar mereka dapat mempersiapkan diri atas kebutuhan industri bagi seorang lulusan teknik sipil. Kegiatan ini mengambil tema terkait isu terkini yaitu penerapan Building Information Modelling pada tahap desain dan konstruksi dengan menghadirkan 2 narasumber dari PT Pembangunan Perumahan (PP) Persero yang sudah memiliki banyak pengalaman terkait bidang ini dan menjadi salah satu BUMN terdepan dalam implementasinya. Kedua narasumber tersebut antara lain:

  1. Nurhikmah, S.T. (Building Officer di Proyek Kawasan Industri Terpadu Batang PT PP Persero – Alumni TS Unsoed angkatan 2008), dan
  2. Gefri Yanda, S.T., M.T. (BIM Coordinator – PT PP Tirta Riau)

Dengan adanya acara ini, manfaat yang mahasiswa dapatkan setidaknya ada 2 hal secara garis besar, yaitu terbukanya wawasan mahasiswa terhadap isu terkini dalam hal penggunaan BIM yang ada di dalam ilmu ketekniksipilan pada tahap desain dan konstruksi. Adapun manfaat kedua adalah mahasiswa mendapatkan dorongan semangat untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan memaksimalkan masa studinya termasuk pengembangan softskill dan hardskill non akademik karena ada sesi pemateri dari alumni yang menjadi pelaku penggunaan BIM itu sendiri. Terlihat dari sesi tanya jawab antara peserta dan pemateri, setidaknya ada 8 penanya yang terakomodir untuk didiskusikan terkait hal yang ditanyakannya. Hal ini merupakan buah dari motivasi yang diberikan Alumni yang berkesempatan menyampaikan saran dan berdiskusi dengan mahasiswa.

Kegiatan Kuliah Tamu yang diketuai oleh Bagyo Mulyono, S.T., M.T. ini berjalan lancar. Beliau di akhir sesi menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan kedua narasumber untuk berbagi di acara ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan kepada Ketua Jurusan, tim dosen dan HMTS yang telah bekerja sama dengan baik dalam mensukseskan acara ini. Semoga ke depan banyak acara yang bisa mendatangkan praktisi dan alumni hebat lainnya dan berbagi manfaat di kampus tercinta ini.

Teknik Sipil Unsoed… Jaya! Jaya!!